Advertisement

Danamon, Adira dan MUFG Dorong Pertumbuhan Pembiayaan Otomotif di Indonesia

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 28 Oktober 2022 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Danamon, Adira dan MUFG Dorong Pertumbuhan Pembiayaan Otomotif di Indonesia Direktur Utama Danamon Yasushi Itagaki dalam Forum Economic Outlook bertajuk The Indonesia Summit 2023 yang digelar secara hybrid, Kamis (27/10 - 2022) ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kolaborasi PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama dengan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) dan MUFG Bank, Ltd (MUFG Bank) akan mendorong pertumbuhan ekosistem pembiayaan otomotif berkelanjutan di Indonesia.

Direktur Utama Danamon Yasushi Itagaki mengatakan sebagai bank yang melayani rantai keuangan ekonomi, mulai dari hulu (industri) hingga ke hilir (nasabah), Bank Danamon bersama Adira Finance dan MUFG Bank berkomitmen penuh untuk berperan aktif dalam pemulihan ekonomi nasional.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Kami percaya, di situasi yang tidak menentu seperti saat ini, nasabah dan pemangku kepentingan memerlukan informasi terkini dan terbaik untuk mendukung mereka menjawab tantangan sekaligus mencari peluang bisnis untuk tumbuh berkelanjutan bersama Danamon," kata Itagaki melalui siaran pers usai menggelar acara economic outlook bertajuk The Indonesia Summit 2023, Kamis (27/10/2022).

Dalam memberikan layanan yang berkualitas tinggi, katanya, Danamon senantiasa berkomitmen memberikan nilai tambah kepada para pemangku kepentingan. Memahami adanya peningkatan risiko ekonomi dan geopolitik, The Indonesia Summit tahun ini menjadi sangat penting untuk membantu nasabah kami mempersiapkan diri menghadapi tantangan ke depan.

Baca juga: Jarang Disebut, Ini Dia Tokoh Perempuan yang Terlibat di Balik Sumpah Pemuda

Apalagi paska pandemi, perekonomian Indonesia perlahan pulih. Pertumbuhan domestik bruto (PDB) yang anjlok hingga minus 5% pada triwulan II-2020, kembali ke teritori positif sejak awal 2021. Bahkan, sejak triwulan III-2020 hingga saat ini, perekonomian Indonesia secara konsisten tumbuh di atas 5%.

"Kolaborasi yang dilakukan, merupakan komitmen jangka panjang untuk menjadi bank yang senantiasa berpusat pada kebutuhan nasabah serta memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali terhadap kebutuhan finansialnya," kata Itagaki.

Sebelum pandemi, industri otomotif menyumbang 4,34% dari PDB nasional pada 2019 dan 4,66% pada 2018. Bahkan, selama periode lock down pada tahun 2020, industri ini masih mempekerjakan sedikitnya 17 juta pekerja, yang 13,6% diantaranya merupakan angkatan kerja nasional. Sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar dan tercepat di Asia, Indonesia sendiri merupakan bagian penting dari jaringan MUFG di Asia.

Advertisement

Hal tersebut diungkap Kazushige Nakajima selaku Executive officer, Country Head of Indonesia MUFG Bank, Ltd, Jakarta Branch. Dia mengatakan MUFG tetap optimistis dengan prospek pertumbuhan jangka panjang Indonesia yang didorong oleh faktor demografi, komitmen pemerintah terhadap investasi asing, dan pembangunan infrastruktur.

"Untuk Grup MUFG, kami dimotivasi oleh visi keberlanjutan yang meyakini akan membuat perubahan yang berarti di masyarakat tempat kami beroperasi, dan dengan bantuan mitra strategis kami di Indonesia, saya sangat senang dengan dampak yang akan kami hasilkan dalam pembangunan negara ke depan," ujar Kazushige.

Paska pandemi, sinergi antara Danamon, Adira Finance, dan jaringan global MUFG pun semakin kuat dalam mendukung ekosistem pembiayaan di industri otomotif. Menurut Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila, komitmen perseroan mendukung industri otomotif di Indonesia bukan sebatas satu dekade atau hanya untuk sepuluh tahun, melainkan bersifat jangka panjang.

Advertisement

"Oleh karena itu, dengan dukungan MUFG Bank dan Danamon, kami sangat optimistis dapat memberikan solusi pembiayaan dan keuangan yang komprehensif [end-to-end] bagi konsumen. Hal ini sejalan dengan aspirasi jangka panjang kami, yaitu memperkuat posisi kami di industri otomotif," ujar Dewa. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tiga Bansos di Gunungkidul Cair Bersamaan untuk Puluhan Ribu Orang

Gunungkidul
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement