Advertisement

Gojek Tokopedia (GOTO) Dikabarkan Akan PHK 1.000 Pekerja, Demi Cuan?

Annisa Kurniasari Saumi
Jum'at, 11 November 2022 - 14:37 WIB
Bhekti Suryani
Gojek Tokopedia (GOTO) Dikabarkan Akan PHK 1.000 Pekerja, Demi Cuan? PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dikabarkan berencana melakukan PHK lebih dari 1.000 pekerja atau 10 persen pekerja untuk efisiensi. Bisnis - Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Emiten teknologi terbesar di Indonesia PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dikabarkan berencana untuk memangkas lebih dari 1.000 pekerja atau PHK untuk melakukan efisiensi keuangannya.

Melansir Bloomberg, Jumat (11/11/2022), pengurangan ini setara dengan lebih dari 10 persen tenaga kerja, dan akan berdampak ke semua divisi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sumber Bloomberg yang meminta untuk tidak disebutkan namanya tersebut mengatakan, GOTO yang berbasis di Jakarta, dan juga beroperasi di Singapura dan Vietnam, dapat mengumumkan pemangkasan karyawannya dalam beberapa minggu mendatang.

"Ukuran pengurangan dapat berubah," kata sumber tersebut.

Perwakilan GOTO menolak untuk berkomentar terkait hal ini. Sebelumnya, eksekutif GOTO mengatakan mereka mencoba menyeimbangkan pengeluaran untuk pertumbuhan, untuk mencapai profitabilitas.

Lebih lanjut, Bloomberg menyebut GOTO memulai pemangkasan staf saat bersiap untuk mengeluarkan hasil kinerja kuartalan pada 21 November mendatang. Pada Agustus, GOTO melaporkan kerugian penyesuaian rugi sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi yang melebar menjadi Rp4,14 triliun, dari kerugian pro-forma sebesar Rp3,9 triliun dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Ini Hasil Temuan BPOM Soal Jalur Distribusi Zat Berbahaya Penyebab Gagal Ginjal Akut

GOTO bergabung dengan raksasa teknologi seperti Meta Platforms Inc. hingga Apple Inc. yang juga memangkas staf atau menghentikan perekrutan setelah bertahun-tahun melakukan ekspansi akibat penurunan ekonomi global.

Advertisement

PHK di industri teknologi mendekati level yang terlihat pada tahap awal pandemi Covid-19, karena perusahaan-perusahaan berukuran baik besar maupun kecil membatasi ambisi dan bersiap menghadapi masa-masa sulit ke depan.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bloomberg

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tiga Bansos di Gunungkidul Cair Bersamaan untuk Puluhan Ribu Orang

Gunungkidul
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement