Advertisement

Munas Hipmi di Solo Kembali Menghangat

JIBI
Selasa, 22 November 2022 - 19:57 WIB
Jumali
Munas Hipmi di Solo Kembali Menghangat Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLOMusyawarah Nasional (Munas) ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) pada Selasa (22/11/2022) kembali menghangat.

BACA JUGA : Munas Hipmi Akan Dibuka Presiden Jokowi

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Situasi menghangat muncul saat Pembahasan dan Penetapan Jadwal acara Munas ke-17 serta Pembahasan dan Penetapan Tata Tertib Sidang. Sejumlah peserta merasa pendapatnya tidak didengarkan pimpinan sidang. Beberapa peserta bahkan mengaku mic miliknya mati sehingga tidak bisa memberikan pendapat.

Berdasarkan pantauan Solopos.com dari Hipmi TV, hal ini membuat Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia turun tangan.

“Teman-teman bisa nggak diam? Kita ini mau selesai Munas atau gimana? Kalau mau selesai Munas tolong dong yang baik,” ujar Bahlil menenangkan audience.

Bahlil yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Hipmi tersebut lantas memberikan kesempatan kepada beberapa peserta untuk berbicara. Namun situasi kembali memanas sehingga pendiri Hipmi, Abdul Latief juga turun tangan.

Saat berbicara di depan forum, tokoh Hipmi ini mengajak para hadirin untuk menyanyikan lagu Padamu Negeri. Selesai menyanyikan lagu, hadirin tampak kembali tertib

“Sekarang turunkan emosi dulu, yang Islam baca Al Fatihah yang bukan Islam berdoa supaya kita diberikan kesabaran ketenteraman dalam berorganisasi,”ujar Abdul Latief.

Advertisement

Abdul Latief pun mengatakan bahwa Hipmi adalah wadah organisasi yang melahirkan kader enterprenuer nasionalis, patriot, pengisi kemerdekaan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“All of you ara patriots. Di sini kumpulnya anak-anak muda yang berjiwa patriot untuk bangun negeri. Kita bisa bermusyawarah dengan damai,” ujarnya

“Jadi hati boleh panas, tapi kepala harus dingin,” imbuhnya.

Advertisement

Dia juga mengajak hadirin untuk menghormati Presiden yang telah hadir dalam pembukaan Munas tersebut. Dia pun meminta agar forum tersebut diskors untuk mendinginkan suasana. Hingga pukul 17.00 WIB agenda Munas belum dimulai lagi.

Sebelumnya, dinamika Munas ke-17 Himpi di Hotel Alila Solo disebut sempat menghangat hingga diwarnai adu jotos peserta pada Senin (21/11/2022) malam. Namun panitia pelaksanaan kegiatan tersebut memastikan Munas ke-17 Hipmi tetap berjalan hingga akhir nanti. Hipmi juga akan selalu mengutamakan aspek kekeluargaan dalam penyelesaian persoalan.

Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Munas XVII Hipmi, M. Ali Affandi, menyampaikan agenda tetap berjalan sesuai ketentuan. Pada prinsipnya panitia akan menjaga ketertiban. “Kami didampingi Kapolres dan Danrem dan Insya Allah akan tetap guyub,” kata dia saat ditemui wartawan Selasa (22/11/2022) pagi.

Dia mengakui pada Senin (21/11/2022) sempat terjadi perselisihan beberapa peserta Munas. Namun dia memastikan hal itu sifatnya adalah perselisihan perorangan, tidak ada kaitannya dengan forum Munas.

Advertisement

“Dinamika menghangat tapi tidak sampai panas. Kalau yang itu [perselisihan] ada di luar agenda. [Peserta] mau keluar, mau istirahat, ada salah paham saja. Insya Allah akan kami selesaikan secara kekeluargaan,” lanjut dia.

Kapolresta Solo, Kombespol Iwan Saktiadi, yang ditemui di lokasi penyelenggaraan Munas XVII Hipmi, Hotel Alila Solo, membenarkan adanya perselisihan antar peserta Munas Hipmi pada Senin malam.

Dia menyampaikan dirinya memantau langsung jalannya kegiatan Munas Hipmi tersebut. Menurutnya dinamika berlangsung luar biasa. Sedangkan untuk acara, secara umum berjalan lancar.

Advertisement

“Meski acara padat. Sampai malam, sampai dini hari dinamikanya luar biasa, memang Hipmi semangatnya anak muda. Saat setelah selesai kegiatan malam hari, peserta bubar, kemudian di arena luar mungkin ada sedikit kesalah pahaman antar beberapa orang sehingga terjadi peristiwa itu,” kata dia.

Sementara itu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang juga datang ke Hotel Alila Solo pada Selasa pagi, tidak memberikan banyak keterangan kepada wartawan.

“Nanti dengan panitia. Hari ini selesai. Kejadian kecil saja. Semua agenda besar berjalan lancar di Solo. Ini juga insyaallah lancar, aman. Semoga lancar semua, kalau ada dinamika selesaikan kekeluargaan,” kata dia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tekan Angka Stunting, BKKBN Libatkan Penyuluh Agama

Sleman
| Rabu, 30 November 2022, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement