Advertisement

Libur Imlek, Okupansi Hotel di DIY Sudah Mencapai 85%

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 20 Januari 2023 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Libur Imlek, Okupansi Hotel di DIY Sudah Mencapai 85% Ilustrasi persiapan Imlek di Kelenteng Fuk Ling Miau di Gondomanan, Jogja./Harian Jogja - Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Bisnis perhotelan di DIY terus menggeliat. Setelah libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 lalu di mana okupansi rata-rata mencapai 95%, kini, pada long weekend perayaan Imlek di awal tahun ini, tren positif bisnis perhotelan terus berlanjut.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan tren positif bisnis perhotelan di Jogja hingga saat ini terus berlanjut. Berdasarkan catatan PHRI, angka reservasi hotel untuk akhir pekan ini mencapai 85%. "Tetapi berdasarkan kebiasaan wisatawan, mereka datang langsung ke hotel. Ya semoga saja reservasinya mencapai 90 persen," katanya kepada Harianjogja.com, Jumat (20/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dijelaskan Deddy, mayoritas tamu didominasi di wilayah tengah (Kota Jogja) dan wilayah utara (Sleman). Sebagian tamu melakukan reservasi di Bantul, Kulonprogo maupun Gunungkidul. "Ini yang hotel-hotel bintang ya, belum data dari hotel-hotel nonbintang. Yang nonbintang reservasinya sekitar 60-80 persen," katanya.

BACA JUGA: Kemeriahan Tahun Baru Imlek di THE 1O1 Yogyakarta Tugu

Menurut Deddy, pada long weekend ini baik wisatawan rombongan maupun keluarga terlihat imbang. Selain untuk perayaan Imlek, banyak juga yang ingin berwisata ke Jogja. "Dominasinya wisatawan Nusantara tapi trennya didominasi wisatawan keluarga dan rombongan. Entah itu study tour atau perusahaan yang memang berwisata," katanya.

Terpisah, Public Relations Manager Hotel Tentrem Yogyakarta, Adventa Pramushanti mengatakan okupansi pada Sabtu (21/1/2023) di hotel tersebut mencapai 80% sementara pada Minggu (22/1/2023) mencapai 70%. Peningkatan okupansi pada libur Imlek akhir pekan ini tidak terlepas dari berbagai even yang disiapkan hotelnya.

"Untuk program Chinese New Year [CNY], kami mengadakan dua acara CNY Gala Dinner pada 21 Januari 2023 di Tentrem Ballroom dengan sajian set menu dinner dan live performance seperti barongsai, chinese dance, live music," katanya.

Kegiatan lainnya, lanjut Venta, yakni Sunday Dimsum Special CNY Edition di Summer Palace Chinese Restaurant pada 22 Januari 2023. Pihaknya menyajikan all you can eat lunch dengan berbagai pilihan menu chinese food. "Kami juga menyiapkan acara Tray of Togetherness sebuah bingkisan yang diberikan bagi tamu yang menginap di hotel pada Chinese New Year, berisi kudapan yang melambangkan keberuntungan, kebahagiaan, dan kebersamaan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Dinkes Bantul: Angka Stunting di Kalurahan Selopamioro Tertinggi di Bumi Projotamansari

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Buyer Terkesan saat Membuat Ecoprint & Jalan-jalan ke Tamansari

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 06:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement