Advertisement

Simak Tips Agar Bisa Menabung Harian!

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 26 Februari 2023 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Simak Tips Agar Bisa Menabung Harian! Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menabung bisa dilakukan secara harian maupun bulanan. Namun Anda jangan meremehkan menabung harian karena menyisihkan uang sedikit saja setiap hari sangat berarti. 

Konsep menabung harian ini seperti peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Jika setiap hari Anda menyisihkan uang sedikit saja, saat akhir bulan nanti uang yang terkumpul sudah lumayan banyak. 

Advertisement

Lalu bagaimana agar bisa menabung harian? Berikut ini tips yang dibagikan CIMB Niaga dikutip Harianjogja.com, Sabtu (25/2/2023): 

1. Menabung manual

Menggunakan kartu debit sebagai media pembayaran sebenarnya bisa jadi pemborosan. Sebab, kita menjadi terpaku dengan jumlah saldo kita di rekening yang tentu angkanya bisa tinggi. Salah satu tips menabung harian dalam hal ini adalah dengan mengalokasikan pengeluaran secara tunai sehingga kita akan terpaku pada jumlah uang tunai yang Anda miliki saat ini. Jika ada sisanya, uang ini bisa Anda tabung di celengan. Coba biasakan tips menabung harian ini dengan mengumpulkan berapapun sisa pengeluaran di hari tersebut.

2. Kumpulkan uang koin

Jangan sepelekan uang koin karena berapapun nilai uang koin dan mengumpulkannya jadi tips menabung harian berikutnya. Mengumpulkan uang koin adalah salah satu langkah melakukan tips menabung harian yang mudah. Tidak perlu dengan target atau tujuan. Coba kumpulkan dalam waktu sebulan atau mungkin setahun. Anda akan terkejut dengan akumulasi nilai dari uang koin yang rajin Anda kumpulkan.

3. Batasi belanja online

Belanja online adalah cuci mata paling mudah yang bisa dilakukan kapan dan dimana saja karena kita bisa melihatnya hanya dari gadget. Karena hal inilah sering kali orang menjadi impulsif untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan karena iming-iming diskon atau harga yang murah. Terkait hal ini, coba terapkan tips menabung harian dengan cara menulis daftar kebutuhan atau keinginan per minggu agar Anda bisa memposisikan prioritas antara keduanya. Dengan begini, Anda sudah menyimpan uang yang bisa saja Anda gunakan untuk sifat impulsif yang ada di tiap manusia.

4. Memanfaatkan diskon

Melakukan setiap tips menabung harian bukan berarti kemudian Anda jadi tidak menikmati hidup dengan berbelanja. Tidak bisa dipungkiri, berbelanja jadi hal yang menyenangkan dan bisa memperbaiki suasana hati dari segala kepadatan yang mungkin dialami dalam kesibukan setiap hari. Tapi, belanjalah dengan memanfaatkan momen diskon atau potongan harga. Biasanya di tanggal dan bulan kembar, e-commerce akan memberikan banyak diskon. Jadi suasana hati terobati tanpa harus mengorbankan banyak dana dalam melakukannya dan setiap tips menabung harian tetap berjalan dengan baik.

5. Mengumpulkan satu jenis nilai uang

Metode ini cukup unik saat Anda ingin menerapkan tips menabung harian. Dimulai dengan Anda memilih salah satu nominal uang, misalnya Rp10.000 atau Rp20.000. Setiap Anda bertransaksi dan mendapatkan uang dengan nominal tersebut, maka Anda wajib untuk menabung uang tersebut. Perlu kedisiplinan dan konsistensi untuk melakukan hal tips menabung harian yang ini, tapi percayalah Anda akan terpukau dengan hasil yang bisa Anda kumpulkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal keberangkatan KA Bandara YIA dari Stasin Tugu Jogja, Jumat 29 September 2023

Jogja
| Jum'at, 29 September 2023, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Di Coober Pedy, Penduduk Tinggal dan Beribadah di Bawah Tanah

Wisata
| Kamis, 28 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement