Advertisement

Tokopedia Bantu Perempuan Pelaku UMKM Memiliki NIB

Media Digital
Rabu, 08 Maret 2023 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Tokopedia Bantu Perempuan Pelaku UMKM Memiliki NIB Kemayu and Co. - Istimewa

Advertisement

JAKARTA — Dalam rangka menyambut Hari Perempuan Sedunia yang jatuh pada 8 Maret 2023, Tokopedia bersama Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (Kemenves RI/BKPM) terus membantu para pelaku UMKM, termasuk perempuan dalam memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) secara daring.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Tokopedia, Rizky Juanita Azuz menyampaikan Tokopedia menjadi perusahaan e-commerce pertama yang berkolaborasi dengan pemerintah untuk memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB terhadap para pelaku UMKM.

Advertisement

"Sepanjang 2022, Tokopedia bersama pemerintah telah membantu lebih dari 5.000 pegiat UMKM, termasuk perempuan pelaku usaha dari seluruh penjuru di Indonesia, mendaftar NIB," kata Rizky melalui rilis, Rabu (8/3/2023).

Dia menjelaskan berbagai pelatihan khusus untuk perempuan pelaku usaha, termasuk yang berkaitan dengan NIB, juga dilakukan oleh Tokopedia bersama para mitra strategis seperti pemerintah di berbagai daerah di Indonesia.

Salah satunya melalui Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD). "Ke depannya, Tokopedia bersama Kemenves RI/BKPM akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku UMKM, khususnya perempuan untuk memperoleh NIB,” kata dia.

“Ini demi memberikan perlindungan hukum serta pendampingan bisnis agar mereka bisa semakin berkontribusi ke perekonomian digital dalam negeri secara adil dan optimal," tambah Rizky.

Staf Khusus dan Juru Bicara Kemenves RI/BKPM, Tina Talisa mengapresiasi dukungan dari Tokopedia dalam memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB kepada pelaku UMKM. Berdasarkan data Kemenves RI/BKPM, sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko telah menerbitkan NIB sebanyak 1,8 juta pada 2022. Total usaha kecil yang telah memiliki NIB mencapai 8,5%, sedangkan usaha mikro mencapai 91,5% selama 2022.

Peningkatan

Saat ini, Tokopedia juga aktif memberdayakan perempuan pelaku UMKM. Sejauh ini sudah ada sekitar 12 juta penjual yang bergabung dengan Tokopedia dan hampir seluruh UMKM termasuk yang digerakkan oleh perempuan.

Berdasarkan riset LPEM FEB UI 2020, jumlah perempuan pelaku UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi hampir 1,5 kali lipat lebih tinggi dibanding laki-laki. Oleh sebab itu, untuk memaksimalkan potensi perempuan pelaku UMKM, Tokopedia terus menggencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan Toko Cepat dan Irit (Tokcer) serta Dilayani Tokopedia.

Tokopedia juga membantu perempuan pegiat usaha lokal seperti Heaven Lights, Jewel Rocks, BLP Beauty, Kami dan Wearing Klamby melenggang di ajang fashion week dunia.

Selain berbagai peningkatan yang terjadi pada perempuan pelaku UMKM, Tokopedia juga mencatat temuan menarik dari sisi perempuan sebagai pembeli pada awal 2023. “Kenaikan jumlah pembeli dari kalangan perempuan mencapai hampir 40 persen dibandingkan periode yang sama sebelum pandemi,” jelas Rizky.

Salah satu perempuan pelaku UMKM yang merasakan manfaat layanan Tokopedia adalah Vica Mardika Wong. Pemilik Usaha Kemayu and Co ini mampu memproduksi berbagai jenis pengharum ruangan khas Indonesia. Ia juga memberdayakan karyawan yang hampir seluruhnya perempuan, mengungkapkan hal senada terkait manfaat kepemilikan NIB.

"NIB membantu kami mengembangkan usaha lebih jauh. Setelah memiliki NIB dan menjadi official store di Tokopedia, orderan kami meningkat sekitar enam kali lipat, Kami banyak mendapat pelanggan baru lewat Tokopedia, mulai dari perorangan, perusahaan hingga pemerintah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement