Advertisement

Ciptakan Customer Loyal:Ngabuburit Bisnis Bareng KiriminAja di Wonosobo

Media Digital
Jum'at, 14 April 2023 - 19:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Ciptakan Customer Loyal:Ngabuburit Bisnis Bareng KiriminAja di Wonosobo Co/founder & CMO KiriminAja berbagi cara memaksimalkan tribe marketing bagi pelaku bisnis online Wonosobo. Agar pebisnis online dapat menjaga konsumen setianya.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Banyak pengusaha yang terus menerus fokus pada pemasaran atau penjualan semata, sementara pendekatan yang melibatkan komunitas dan menciptakan kesetiaan pelanggan akan membuat bisnis lebih berkelanjutan dan berkembang.

Advertisement

Karena itulah, bisnis yang tumbuh selalu mempertimbangkan dan memanfaatkan tribe marketing sebagai salah satu ujung tombak. 

Manfaat dan Definisi Tribe Marketing

Tribe marketing adalah strategi pemasaran yang fokus pada pembentukan dan penguatan hubungan antara merek atau produk dengan kelompok atau komunitas tertentu.

Tujuan utama tribe marketing adalah menciptakan pelanggan setia, yang tidak hanya menggunakan produk tetapi juga merekomendasikannya kepada orang lain di dalam komunitas/circle mereka.

"Pendekatan kepada komunitas merupakan cara yang ampuh dalam menciptakan pelanggan setia. Dengan membangun komunitas yang berdedikasi terhadap brand atau produk, maka akan menghasilkan rekomendasi, positive review, dan loyalitas yang berkelanjutan. KiriminAja telah berhasil menguji konsep ini dengan kesuksesan besar. Kami melihat peningkatan dalam jumlah pelanggan setia dan review positif,” Kata Fariz GTJ, CEO KiriminAja, Jumat (14/4/2023)

Proses tribe marketing berjalan dengan cara mengidentifikasi kelompok potensial yang berminat dengan produk atau jasa. Kemudian disusul dengan aktivitas membangun konten yang relevan, kontekstual, menarik, sekaligus berguna bagi kelompok potensial tersebut. 

Proses tersebut biasanya melibatkan pengembangan campaign marketing dengan channel yang disesuaikan kebutuhan masing-masing komunitas.

Meningkatkan Kemampuan Tribe Marketing Pebisnis Online Wonosobo

Untuk memfokuskan wawasan tribe marketing ini, KiriminAja melakukan business coaching sekaligus ngabuburit bisnis bagi pebisnis online Wonosobo dalam acara Meet & Share Wonosobo pada 13 April 2023.

Berkolaborasi dengan JNE dan Nashir, Meet & Share KiriminAja di Wonosobo berusaha memberikan support kepada pebisnis online untuk dapat terus mengembangkan bisnis dalam spirit #BisnisJadiTenang.

Pada acara Meet & Share Ngabuburit Bisnis Wonosobo, Hasmeliyani Suseno, selaku Head of Sales JNE, memberikan update program terbaru JNE kepada para member KiriminAja yang hadir.

Sebagai bisnis yang mengandalkan tribe marketing, Arief Ardinugroho, Co-founder & CMO KiriminAja, berbagi wawasan dan transfer pengetahuan kepada pebisnis online Wonosobo. 

Arief Ardinugroho, atau yang biasa dipanggil Mas Auf, berharap business coaching bisa membuat  para pelaku bisnis online Wonosobo menargetkan dan membangun kelompok dengan kesamaan minat atau kebutuhan yang sama. 

Mas Auf juga menekankan pentingnya mengkomunikasikan nilai-nilai merek atau bisnis melalui konten yang relevan dan menarik. Sehingga menghasilkan komunikasi dua arah, antara brand dengan komunitas, yang organik dan saling membangun.

Misi KiriminAja Berbagi Wawasan Tribe Marketing

Tidak hanya di Wonosobo, KiriminAja juga akan bertemu dan berbagi wawasan tribe marketing dengan para pelaku bisnis online di Tulungagung dan Surabaya. 

Para pebisnis online sekaligus member KiriminAja Tulungagung dan Surabaya bisa mendapatkan wawasan mendalam tribe marketing pada 15-16 April 2023. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement