Advertisement

Ini Pekerjaan Paling Berbahaya di Dunia Tapi Gajinya Wow

Elsa Hayati Sukma
Selasa, 09 Mei 2023 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Ini Pekerjaan Paling Berbahaya di Dunia Tapi Gajinya Wow Ilustrasi Pemadam Kebakaran /JIBI-Antara-HO - Kilang Balikpapan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Anda bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dan merasakan kenyamanan setelah mendapatkan gaji yang layak. Saat bekerja, keselamatan Anda tentu harus setara dengan gajinya. Namun ada beberapa pekerjaan paling gajinya di dunia, Anda berminat? Gajinya sangat menarik.

Perusahaan pekerjaan saluran, ekstraksi, dan fabrikasi Airmatic telah menyelidiki beberapa pekerjaan paling berbahaya yang muncul dalam ekonomi global.

Advertisement

Dilansir melalui Jurnal Digital berikut beberapa macam pekerjaan berbahaya di dunia beserta bayarannya:

1. Nelayan Kepiting

Nelayan kepiting menavigasi perairan berbahaya di sekitar Alaska untuk menemukan kerang yang menjadi sumber makanan manusia. Pekerjaan ini tergolong pekerjaan paling berbahaya di dunia karena dapat menyebabkan kematian akibat tenggelam di laut yang memiliki ombak tinggi.

Hal tersebut dapat menyebabkan hipotermia atau terjatuh kedalam laut yang akan menyebabkan kematian. Menurut Alaska Finishing Employment Center, Pekerjaan ini merupakan pekerjaan berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian. Namun, dengan melakukan pekerjaan ini dapat menghasilkan uang sebesar US$20.000- US$50.000 atau setara dengan Rp2,9 miliar- Rp7,3 miliar selama tiga bulan musim kepiting raja.

2. Tukang Listrik

Lineman listrik yaitu memasang dan memperbaiki saluran listrik yang bertegangan tinggi dan kabel telekomunikasi yang berada di tempat yang sangat tinggi. Pekerjaan ini tergolong pekerjaan paling berbahaya di dunia karena memiliki tingkat kematian hingga 500.000 volt dan jatuh dari ketinggian. Menurut statistik, 42 orang meninggal dalam pekerjaan ini setiap per 100.000

Namun, pekerjaan berbahaya ini memiliki penghasilan yang cukup tinggi yaitu £34.817 atau setara dengan Rp652 juta dalam setahun di Inggris dan Eropa. 

3. Ahli Gunung

Ahli gunung merupakan suatu pekerjaan dengan penghasilan yang cukup menggiurkan. Pekerjaan ini hanya sekitar 800 orang yang mencoba mencapai puncak Gunung Everest setiap tahun dan memiliki tingkat kematian mencapai 14,1 persen.

Pekerjaan ini tergolong pekerjaan paling berbahaya di dunia karena menurut Forum Ekonomi Dunia, sebagian besar kematian berasal dari ketinggian, paparan, jatuh atau bencana alam seperti longsoran salju hingga mencapai angka 2004 pada tahun 2014. Meskipun demikian pekerjaan ini menghasilkan gaji hingga US$6.000 per pekerjaan atau setara dengan Rp88 juta.

4. Pemadam Kebakaran

Petugas pemadam kebakaran merupakan salah satu pekerjaan paling berbahaya di dunia, karena dapat mengakibatkan kematian 2,5 per 100.000 orang. Dengan menggunakan smokejumpers, pemadam dapat melakukan terjun payung ke tempat-tempat terpencil yang tidak dapat dijangkau oleh alat khusus untuk menghentikan penyebaran api ini.

Namun dengan pekerjaan ini memiliki tingkat kematian yang relatif rendah, dan tingkat cedera yang masih 700 per 10.000 tahun. Pekerjaan ini memiliki gaji yang cukup banyak yaitu US$80.000 atau setara dengan Rp 1,17 miliar di Amerika Serikat. 

5. Tukang las bawah air

Tukang las bawah air merupakan pekerjaan yang bekerja di saluran pipa, dan kapal selam. Itu artinya para pekerja harus melakukan penyelaman yang cukup dalam dengan peralatan yang dibawa.

Pekerjaan ini tergolong pekerjaan paling berbahaya di dunia karena meningkatkan risiko kematian karena tukang las bawah air dapat terkena sengatan listrik akibatan aliran listrik yang bertemu dengan air. Risiko lainnya adalah terjadinya ledakan dari kantong gas yang tercipta dari pembentukan oksigen dan hidrogen yang bisa mematikan para pekerja.

BACA JUGA: Update Pembangunan Tol Jogja Bawen, Bakal Dibangun Jembatan Elevated di Atas Selokan Mataram

Biro statistik Tenaga Kerja menemukan bahwa setiap 100.000 pekerja di Amerika serkiat, sekitar 3,5 dari mereka meninggal saat bekerja setiap tahun karena risiko pekerjaan yang menyebabkan kematian tinggi. Namun, pekerjaan ini memiliki gaji yang cukup fantastis senilai £70.000 atau setara dengan Rp1,3 miliar

6. Koboi Helikopter

Pekerjaan ini melibatkan penggembalaan ternak dengan menggunakan helikopter kecil yang terbang. Menurut BBC pekerjaan ini dapat menewaskan 10 petugas helikopter dalam kecelakaan setiap tahunnya. Hal tersebut menunjukan betapa bahaya nya pekerjaan ini jika salah dalam melakukannya karenanya pekerjaan ini tergolong pekerjaan paling berbahaya di dunia karena. Untuk pekerjaan ini tidak ada angka gaji rata-rata yang menjelaskan karena terbatasnya jumlah pekerjaan yang dilakukan.

7. Pemerah Ular

Pekerjaan ini bertugas untuk menghilangkan racun dari taring ular. Racun tersebut nantinya digunakan untuk membuat anti racun yang diberikan pasca gigitan yang dapat menyebabkan kematian. Untuk pekerjaan ini memiliki gaji £30.000 atau setara dengan Rp559 juta per tahun.

8. Helm Putih

Helm putih merupakan organisasi Pertahanan Sipil Suriah yang menjadi sukarelawan. Orang-orang tersebut merupakan orang-orang yang bertugas mencari dan menemukan masyarakat suriah yang selamat dari reruntuhan yang disebabkan oleh bom.

Ada 252 Helm Putih yang terbunuh sejak 2013 yang mengakibatkan kematian 8.400 per 100.000. Namun, pekerjaan ini memiliki gaji US$250 atau setara dengan Rp3.6 juta.

9. Penyelam mutiara

Mutiara terbaik dan termahal terdapat di kedalaman laut yang hanya bisa diakses oleh penyelam mutiara yang memiliki kemampuan fase-diving ke dasar laut yang berbahaya. Risiko pekerjaan ini dapat mengakibatkan tenggelam, bertemu dengan predator dan hewan hewan berbahaya lainnya.

Namun, penyelam ini memiliki gaji yang didapatkan sekitar US$73.000 atau setara dengan Rp1.075 miliar

10. Teknisi penjinak bom

Pekerjaan teknisi penjinak bom adalah pekerjaan yang mengidentifikasi alat peledak improvisasi dan menonaktifkannya. Para pekerja dapat melakukan pekerjaan ini dengan melepaskan bahan peledak yang ditinggal melalui kejahatan atau bahkan bom yang terjadi pada perang lama selama bertahun-tahun.

Gaji yang didapatkan oleh salah satu pekerjaan paling berbahaya ini di dunia karena di Inggris berkisar £45.000 atau setara dengan Rp838 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement