Advertisement

Inovasi Baru PLN! Pantau Andalnya Pasokan Listrik Lewat Posko MEDICO

Media Digital
Jum'at, 19 Mei 2023 - 15:57 WIB
Sunartono
Inovasi Baru PLN! Pantau Andalnya Pasokan Listrik Lewat Posko MEDICO Inovasi Baru PLN berupa pemantauan andalnya pasokan listrik lewat posko MEDICO (Mobile Electricity Distribution Command Post). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY memperkenalkan inovasi terbarunya dalam menunjang keandalan pasokan listrik kepada masyarakat. Inovasi yang berlabel MEDICO (Mobile Electricity Distribution Command Post) ini merupakan Posko Siaga Keandalan Bergerak Terpadu yang dapat bergerak mobile dari satu tempat ke tempat lain.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY A. Bargowo Wahyu Jatmiko menyampaikan, MEDICO berfungsi sebagai pusat komando pemantauan, sekaligus pengamanan pasokan energi listrik pada kegiatan kenegaraan VIP/VVIP atau event penting skala nasional atau internasional lainnya.

Advertisement

"Posko ini dilengkapi dengan perangkat tampilan antar muka/ user interface yang terhubung langsung dengan sistem jaringan Supervisory Control and Data Acquisition / SCADA milik PLN, untuk mengontrol dan memonitoring secara real-time kinerja peralatan yang dipasang oleh PLN, serta untuk memastikan dan menjamin pasokan energi listrik tetap terjaga andal di lokasi acara," katanya.

BACA JUGA : PLN Gandeng IEA Matangkan Akselerasi Transisi Energi

Dijelaskan, selain monitoring peralatan, posko bergerak ini juga difasilitasi radio ROIP (Radio Over Internet Protocol) & POC (Push to talk Over Cellullar) untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pusat pengatur distribusi / Distribution Command Centre (DCC), petugas lapangan, manajemen dan semua yang terlibat dalam kegiatan pengamanan pasokan energi listrik ini.

"Dalam hal ini, PLN berkolaborasi dengan PLN ICON+ untuk menyediakan jaringan data guna kebutuhan konektivitas melalui layanan Iconnet," tambahnya.

Menurutnya, jaringan PLN ICON+ memiliki ketersediaan layanan yang cukup luas, sehingga memungkinkan posko MEDICO dapat terpasang dimanapun untuk mendukung kesuksesan acara-acara penting negara.

Selama ini sudah beberapa momentum akbar yang keandalan pasokan listriknya telah ditunjang oleh Posko MEDICO ini antara lain :

  1. Agriculture Deputies Meeting II Yogyakarta 27-29 Juli 2022,
  2. G20 Culture Ministers Meeting (CMM), Borobudur Magelang 11-17 September 2022,
  3. 11th ASEAN PARAGAMES SOLO 2022 Surakarta pada 30 Juli-6 Agustus 2022,
  4. Dream Theatre Concert Powered by PLN, Surakarta 10 Agustus 2022,
  5. Pernikahan Putra Presiden R.I VVIP/VIP Yogyakarta - Surakarta 8-11 Desember 2022.

Sementara, kegunaan MEDICO sendiri antara lain mengamankan pasokan energi listrik pada event yang didukung oleh PLN, mempercepat pemasangan posko siaga keandalan di lokasi acara sehingga prosedur siaga keandalan pasokan listrik akan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, Posko siaga ini dapat dipasang pada posisi yang lebih strategis karena dapat bergerak secara mobile, berada atau dekat dengan lokasi acara. Dengan begitu mempermudah koordinasi dan komunikasi dengan semua unsur petugas, pimpinan siaga keandalan acara dan manajemen PLN.

BACA JUGA : PLN Dorong Aduan Pelanggan Menggunakan Mobile PLN

"Melalui posko MEDICO ini juga akan mampu mempertahankan kinerja dan reliability peralatan keandalan yang terpasang agar beroperasi secara realtime tanpa terputus, serta mempercepat penanganan kondisi anomali pada peralatan keandalan sehingga terhindar dari terputusnya aliran listrik. Posko ini sekaligus bisa menjaga citra PLN sebagai perusahaan pilihan No. 1 pelanggan," pungkas Jatmiko.

Insan Muda PLN tak henti mempersembahkan inovasi terbaru untuk memperkuat dan meningkatkan keandalan pelayanan kepada Pelanggan dan khususnya pada tamu-tamu negara.  Mengingat Indonesia sering didapuk menjadi tuan rumah berbagai event tingkat internasional, terlebih setelah ditunjuknya Indonesia sebagai Ketua ASEAN pada tahun 2023 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement