Advertisement

PLN Dorong Aduan Pelanggan Menggunakan Mobile PLN

Abdul Hamied Razak
Kamis, 09 Maret 2023 - 23:27 WIB
Bhekti Suryani
PLN Dorong Aduan Pelanggan Menggunakan Mobile PLN Logo PLN. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Untuk memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan, PLN mendorong penyampaian aduan melalui layanan sistem digital.  

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Yogyakarta  Ahmad Samsuri menyampaikan layanan PLN kepada pelanggan kini menjadi lebih sederhana, cepat, mudah dan terintegrasi. Bahkan aduan yang disampaikan oleh pelanggan juga dapat dimonitor dan dikontrol secara real-time

Advertisement

"Pelanggan yang melakukan pengaduan bisa memonitor pekerjaan petugas pelayanan teknik hingga selesai. Cukup menggunakan ruang komunikasi dalam sistem digital. Pelanggan tinggal melaporkan melalui PLN Mobile sehingga responnya jadi lebih cepat," katanya, Kamis (9/3/2023).

Dijelaskan Ahmad, salah satu tugas Pelayanan Teknik adalah melakukan penanganan gangguan di mana pekerjaan yang mereka lakukan menekankan pada penanganan gangguan pada jaringan distribusi. Baik gangguan pada Jaringan Tegangan Menengah (JTM), Jaringan Tegangan Rendah (JTR), melakukan penanganan gangguan pada Gardu Distribusi dan penanganan gangguan Sambungan Rumah Alat Pengukur dan Pembatas (SR-APP). 

Selain itu, katanya, petugas pelayanan teknik melakukan kegiatan Inspeksi Jaringan Distribusi. Tim ini melakukan pemeliharaan jaringan termasuk pemangkasan dan potong pohon pohon, pemeliharaan jaringan distribusi, melakukan pembersihan layang-layang dan benda asing lainnya, melakukan pembersihan gardu distribusi serta piket keandalan jaringan dan VVIP. 

"Pelayanan oleh Tim Pelayanan Teknik terhadap aduan dari masyarakat ini dilakukan setelah pelanggan menghubungi Contact Centre 123 atau lapor melalui Aplikasi PLN Mobile," kata Ahmad.

BACA JUGA: Lahan di Area Tol Diperjualbelikan, Bagaimana Nasib Proyek Tol Jogja YIA?

Petugas Pelayanan Teknik PLN, lanjutnya, akan melayani pelanggan selama 24 jam. Mereka terbagi dalam shift. Di sisi layanan pelanggan, PLN memastikan akan melayani kebutuhan pelanggan selama 24 jam. Apalagi jika terjadi gangguan jaringan akibat bencana. "Kami melakukan transformasi dengan menghadirkan aplikasi PLN Mobile, Yantek Mobile dan Virtual Command Center (VCC) untuk mendukung kinerja layanan pelanggan," ujarnya.

Salah seorang petugas pelayanan Teknik PLN, Karyanto mengatakan dengan komunikasi yang baik semua gangguan jaringan listrik dapat terselesaikan. Petugas katanya, akan berusaha melakukan pelayan yang terbaik ke pelanggan meskipun ada saja pelanggan yang merasa belum puas dengan pelayanan yang diberikan. 

Pelanggan seringkali kurang memahami kesulitan yang dihadapi petuhas seperti jalanan macet, tidak mencantumkan titik ordinat sehingga alamat rumah sulit dicari dan nomor telepon pelanggan tidak aktif tidak bisa dihubungi. "Tingkat resiko yang dihadapi selain cuaca terkadang pelanggan yang melapor dihubungi tidak aktif, sehingga harus menunggu. Kondisi di lapangan tidak bisa diprediksi sehingga sering melebihi dari batas waktu kerja," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dugaan Keracunan Makanan di Gunungkidul: Satu Orang Meninggal Dunia, Empat Masih Dirawat

Gunungkidul
| Minggu, 26 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement