Advertisement

Bank BPD DIY Kembali Raih Penghargaan Infobank Award 2023

Media Digital
Jum'at, 25 Agustus 2023 - 21:37 WIB
Maya Herawati
Bank BPD DIY Kembali Raih Penghargaan Infobank Award 2023 Bank BPD DIY kembali mendapat penghargaan dengan predikat Sangat Bagus dalam ajang Infobank Award Tahun 2023 yang di gelar di Jakarta pada Jumat (25/8/2023). ist - BPD DIY

Advertisement

JOGJA—Sejak tahun 1998 hingga 2022, Bank BPD DIY berhasil mempertahankan kinerja yang sangat baik secara berturut-turut tanpa jeda. Atas prestasi itu, Bank BPD DIY kembali mendapat penghargaan dengan predikat “Sangat Bagus” dalam ajang Infobank Award Tahun 2023 yang di gelar di Jakarta pada Jumat (25/8/2023). Piagam penghargaan diterima oleh Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad.

Bank BPD DIY berhak menyandang predikat “Sangat Bagus” berdasarkan pada perolehan skor hasil penilaian kinerja keuangan tahun 2022 yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank (birI). Menurut Infobank, hingga akhir tahun 2022 seluruh komponen kinerja keuangan Bank BPD DIY sangat baik.

Advertisement

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad menyampaikan bahwa kinerja cemerlang Bank BPD DIY merupakan jerih payah seluruh insan bank BPD DIY yang bahu membahu menjaga dan meningkatkan kinerja perseroan sekaligus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

“Kami patut bersyukur dan berbangga atas penghargaan ini yang merupakan buah dari kerja keras dan konsistensi Bank BPD DIY dalam menjaga kinerjanya di tengah berbagai tantangan dan tuntutan jaman, dan kami juga akan terus berupaya mengembangkan produk dan layanan yang mampu memenuhi kebutuhan nasabah sehingga kepercayaan nasabah tetap terjaga bahkan meningkat,” kata Santoso

Lebih lanjut Santoso Rohmad menyampaikan bahwa langkah-langkah strategis yang dijalankan Bank BPD DIY mampu menjaga kinerja perseroan bahkan mencatatkan pertumbuhan yang positif. Digitalisasi produk dan layanan serta proses bisnis yang terus dilakukan Bank BPD DIY diharapkan mampu mendorong pertumbuhan bisnis perseroan dengan lebih cepat lagi. Selain itu, kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak dalam membangun ekosistem digital juga tetap dijaga dengan baik.

BACA JUGA: Beli LPG 3 Kg Pakai KTP dan Ada Batasan per Bulan, Ini Detailnya

Infobank melakukan pemeringkatan terhadap 106 bank di Indonesia yang dibagi kedalam beberapa kategori berdasarkan modal inti dan total aset. Pemeringkatan dilakukan Infobank melalui tujuh kriteria dengan menggunakan empat pendekatan yakni pendekatan rasio keuangan penting, pertumbuhan, good corporate governance (GCG) dan profil risiko.

Ada lima langkah besar yang dilakukan Biro Riset Infobank untuk menentukan rating peringkat bank tersebut. Pertama, menentukan formula rating yang didasarkan pada perkembangan perbankan dan kebijakan regulator serta pencapaian perbankan secara industri.

Kedua, mengumpulkan laporan keuangan bank yang terdiri dari neraca dan rugi laba selama dua tahun serta laporan GCG dan profil resikonya. Ketiga, memasukan skor GCG dan profil risiko serta mengolah angka dengan berbagai rasio dan pertumbuhan yang sudah ditetapkan.

Keempat, mengelompokan bank sesuai dengan ukuran modal inti atau berdasarkan kegiatan usaha. Kelima, memberi notasi akhir untuk pemberian predikat berdasarkan kelompok bank berdasarkan modal inti (KBMI). 

Keberhasilan Bank BPD DIY meraih predikat kinerja “Sangat Bagus” antara lain berkat performa bisnisnya yang meningkat. Sampai dengan Juli 2023, Aset Bank BPD DIY tercatat sebesar Rp17,53 triliun, Dana pihak ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun tercatat sebesar Rp13,30 triliun dan penyaluran kredit sebesar Rp9,58 triliun. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info PPDB 2024 SMA/SMK DIY: Syarat Nilai Gabungan Jalur Prestasi Diturunkan

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement