Advertisement

Tax Gathering 2023, Apresiasi DJP kepada Wajib Pajak di Bantul

Media Digital
Senin, 04 September 2023 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Tax Gathering 2023, Apresiasi DJP kepada Wajib Pajak di Bantul KPP Pratama Bantul menggelar acara Tax Gathering 2023 yang bertempat di Hotel Grand Rohan Yogyakarta, Senin (4/8 - 2023).

Advertisement

 JOGJA—KPP Pratama Bantul menggelar acara Tax Gathering 2023 yang bertempat di Hotel Grand Rohan Yogyakarta, Senin (4/8/2023). Acara ini merupakan bentuk apresiasi DJP kepada Wajib Pajak di wilayah Kabupaten Bantul atas kontribusinya terhadap pembangunan negara melalui ketaatan pemenuhan kewajiban perpajakan yang telah dilakukan.

Tax gathering tahun ini mengusung tema Menjalin Sinergi Membangun Negeri dengan mengundang 120 Wajib Pajak di wilayah Kabupaten Bantul.

Advertisement

Kepala KPP Pratama Bantul, Ida Ernawati, mengucapkan terima kasih kepada Wajib Pajak dan para pemangku kepentingan atas sinergi yang telah terjalin dan kontribusi yang telah diberikan sehingga KPP Pratama Bantul dapat mencapai target penerimaan dan kepatuhan pajak tahun 2022.

Sebagai bentuk apresiasi, KPP Pratama Bantul memberikan penghargaan kepada 9 Wajib Pajak dengan kontribusi terbaik yang terbagi dalam 3 kategori Wajib Pajak, yaitu orang pribadi, badan, dan pemungut. Para Wajib Pajak tersebut telah tertib melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) dan memberikan kontribusi penerimaan yang signifikan di KPP Pratama Bantul.

Beberapa Wajib Pajak yang terpilih, di antaranya PT. Madubaru, PT. Ameya livingstyle Indonesia, PT. Fathan Berkah Abadi, Aditya Mursid, Liem Lian Foeng, Steven Rudy Sudarwan, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul, RSPAU dr. S. Hardjolukito, dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bantul.

Kepala Kanwil DJP DIY, Slamet Sutantyo, turut hadir pada acara ini dan memaparkan kinerja penerimaan Kanwil DJP DIY pada tahun 2022 dan 2023. Pada periode 2022 Kanwil DJP DIY berhasil mengumpulkan penerimaan pajak sebesar Rp5,514 triliun atau sebesar 114,97 % dari target penerimaan sebesar Rp4,796 triliun.

BACA JUGA: Tok! Ketua Kadin Pimpin Koalisi Tim Pemenangan Ganjar Pranowo

Sedangkan pada tahun berjalan, penerimaan Kanwil DJP DIY per 31 Agustus 2023 adalah sebesar Rp 3,764 triliun atau 69,14 % dari target penerimaan sebesar Rp5,444 triliun. Realisasi penerimaan KPP Pratama Bantul per 31 Agustus 2023 telah mencapai Rp 599 miliar atau 64,93% dari target penerimaan sebesar Rp923 miliar.

Selain kontribusi penerimaan yang tinggi, Wajib Pajak KPP Pratama Bantul juga taat melaporkan SPT Tahunan dengan rasio kepatuhan penyampaian SPT Tahunan per 31 Agustus 2023 sebesar 88,51% dari target. Slamet Sutantyo berharap para Wajib Pajak dapat mempertahankan kontribusinya dan termotivasi untuk semakin tertib dan taat pajak.

Selain memberikan apresiasi, KPP Pratama Bantul juga mengajak Wajib Pajak untuk aktif berdiskusi dalam sesi sarasehan untuk memperdalam pengetahuan perpajakan. Sarasehan diawali dengan penyampaian perkembangan peraturan perpajakan terkini oleh Kepala Seksi Pengawasan I, Budi Juwono, dan Asisten Penyuluh Pajak Mahir, Wahyu Indrianti. Peraturan yang dibahas adalah PMK 66 Tahun 2023 tentang Perlakuan Pajak Penghasilan atas Penggantian atau Imbalan Sehubungan dengan Pekerjaan atau Jasa dalam Bentuk Natura dan/atau Kenikmatan.

PMK tersebut baru dirilis pada tahun 2023 sebagai salah satu petunjuk teknis pelaksanaan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) tahun 2021. Sesi ini juga menjadi kesempatan bagi Wajib Pajak untuk memberikan masukan yang berguna bagi peningkatan pelayanan perpajakan di KPP Pratama Bantul.

Pada kesempatan ini, Kepala KPP Pratama Bantul juga memohon dukungan seluruh wajib pajak dan para pemangku kepentingan agar berhasil mewujudkan dan memperoleh predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK). KPP Pratama Bantul berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan menjalin sinergi dengan para Wajib Pajak dan pemangku kepentingan agar dapat meningkatkan kesadaran dan ketaatan pajak di wilayah Kabupaten Bantul. (BC)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron, Pantai Parangtritis, Candi Prambanan dan Candi Borobudur Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 29 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement