Advertisement

Tahun Ini, Hyundai Berencana Menambah 3 Charging Station di DIY

Anisatul Umah
Selasa, 05 September 2023 - 15:47 WIB
Maya Herawati
Tahun Ini, Hyundai Berencana Menambah 3 Charging Station di DIY Kendaraan listrik / Ilustrasi freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Branch Manager PT. Sumber Baru Citra Mobil Hyundai Adisucipto, Adriano Roniasi Simorangkir menyampaikan tahun ini berencana menambah tiga charging station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di DIY. Berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, YIA, dan salah satu hotel di Kulonprogo.

Penambahan charging station ini untuk mendukung infrastruktur kendaraan listrik. Seiring dengan semakin meningkatnya permintaan pada kendaraan listrik. Menurutnya saat ini sudah ada aplikasi MyHyundai sehingga masyarakat bisa mencari informasi keberadaan charging station terdekat.

Advertisement

"Targetnya mau nambah Bank BCA Sudirman, YIA, dan hotel di Kulonprogo. Nambah tiga kemungkinan tahun ini, masih rencana," katanya belum lama ini.

Kebutuhan akan charging station akan terus meningkat. Dia mencontohkan secara seasonal penjualan Ioniq 5 sudah 900 [unit]. Jika 5% nya ke Jateng dan DIY apalagi ada Ioniq 6, maka kebutuhan charging station akan meningkat.

"Pemerintah juga siapkan support, kita tambah [charging station] dimanapun berada dan tambah daya sehingga customer gak nunggu. Ini berdampak positif karena customer gak perlu khawatir kalau pakai mobil listrik mau ngecas di mana," ucapnya.

Menurutnya diler Hyundai sudah hampir 140 se-Indonesia sehingga saat perjalanan misalnya dari Jakarta mau ke Bali bisa ngecas di dealer atau di kantor-kantor PLN. Sebab sudah tersedia SPKLU.

Bangun 52 Charging Station

PT Hyundai Motors Indonesia bekerja sama dengan PT Lippo Malls Indonesia (LMI) akan membangun charging station di 52 pusat perbelanjaan di bawah naungan LMI di berbagai kota di Indonesia. Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) digelar hari ini, Selasa (5/9/2023).

Direktur Utama PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cha mengatakan momentum ini penting untuk terus memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. "Dengan jaringan stasiun pengisian EV Hyundai yang terus berkembang, kerjasama dengan PT Lippo Malls Indonesia ini merupakan momentum penting bagi kami," ucapnya.

BACA JUGA: 2 Penghuni Terakhir di Bukit Kembang Dijanjikan Relokasi oleh Pemkab Gunungkidul

Chief Executive Officer PT Lippo Malls Indonesia, Henry Riady mengatakan seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap kendaraan listrik, LMI senang bisa menawarkan pengalaman gaya hidup ramah lingkungan yang lebih banyak kepada pelanggan.

"Berkat ketersediaan Hyundai EV charging station di lebih banyak mal yang kami kelola. Inisiatif ini mencerminkan peran kami dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dan lebih hijau," katanya.

Melalui kemitraan ini Hyundai dan Lippo Malls Indonesia akan memperluas perluasan charging station di jaringan pusat perbelanjaan LMI di berbagai kota di Indonesia. Di antaranya meliputi Aceh, Medan, Palembang, Jambi, Yogyakarta, Pekalongan, Kudus, Kediri, Sidoarjo, Jember, Madiun, Palangkaraya, Kendari, Kupang, Manado, Makassar, dan Bali.

Lokasi-lokasi yang termasuk dalam perluasan jaringan stasiun pengisian daya kendaraan listrik Hyundai ini menggunakan tipe charger yang bervariasi, mulai dari AC standard charger dengan daya 22 kW hingga DC fast charger dengan daya 50 kW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal KRL Jogja-Solo Senin 20 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement