Advertisement

Musim Kampanye, Aktivitas Fasilitas MICE di Hotel-Hotel DIY Meningkat

Anisatul Umah
Senin, 05 Februari 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Musim Kampanye, Aktivitas Fasilitas MICE di Hotel-Hotel DIY Meningkat Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menyebut aktivitas hotel dari sisi meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) meningkat karena aktivitas kampanye di DIY.

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo mengatakan calon presiden (capres), tim sukses (timses) yang datang dan berkampanye di DIY, hingga calon legislatif (caleg) memanfaatkan ruang meeting dan lainnya.

Advertisement

"Dampak negatif tahun politik belum ada, yang positif ada. [MICE meningkat] kenaikan 10-15 persen, rata-rata Februari, hingga hari ini 45 persen," ucapnya, Senin (5/2/2024).

PHRI DIY berharap kondisi politik bisa terus terus berjalan kondusif di DIY khususnya dan Indonesia pada umumnya. Sehingga bisa berdampak positif pada hotel di DIY.

Dia menargetkan okupansi hotel pada Februari 2024 bisa mencapai 80%. Tetapi diperkirakan terjadi penurun dibandingkan Januari 2024.

BACA JUGA: PHRI Catat Akhir Oktober Okupansi Hotel DIY Naik 10-15%, Ini Penyebabnya

Pasalnya, pada 10-17 Februari 2024 sebagian reservasi ditunda ke Maret 2024 sebelum puasa. "Ya coblosan itu, 10-17 Februari banyak ditundanya. Penundaan 25% ke Maret sebelum puasa," jelasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan untuk proyeksi terdekat long weekend saat ini reservasi sudah 65% khususnya di Kota Jogja dan Sleman. Sementara di tiga kabupaten lain masih 55%. "Kalau saya akumulasi rata-rata 60 persen, masih ada kemungkinan reservasi masuk lagi," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alat Deteksi Malnutrisi Karya Guru Besar UGM Bisa Digunakan Kurang dari Lima Menit

Jogja
| Kamis, 09 Mei 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement