Advertisement

BI DIY Siapkan Uang Tunai Rp5,5 Triliun untuk Lebaran 2024, Layani Penukaran Digital

Anisatul Umah
Rabu, 20 Maret 2024 - 14:57 WIB
Sunartono
BI DIY Siapkan Uang Tunai Rp5,5 Triliun untuk Lebaran 2024, Layani Penukaran Digital Kepala Perwakilan DIY, Ibrahim melepas mobil kas keliling di Kantor BI DIY Rabu (20/03 - 2024). Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Indonesia (BI) Perwakilan DIY menggelar Kick Off program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 di Gedung Heritage BI DIY, Rabu (20/03/2024).

Kepala Perwakilan BI DIY Ibrahim mengatakan Bank Indonesia telah menyediakan uang kartal Rp5,5 triliun terdiri dari penarikan bank (outflow) Rp4,5 triliun dan Transaksi Uang Kartal Antar Bank (TUKAB) Rp1 Triliun.

Advertisement

Menurutnya jumlah uang kartal tersebut meningkat 5,8% (year-on-year/yoy) dari tahun lalu Rp5,2 triliun (outflow BI & TUKAB). Kenaikan ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kunjungan wisatawan pada saat libur Lebaran 2024 di DIY.

BACA JUGA : BI Siapkan Rp197,6 Triliun untuk Kebutuhan Penukaran Uang pada Lebaran 2024

"Ini masih estimasi, semoga masih bisa dijaga sesuai perkiraan masing-masing bank yang sebelumnya sudah masukkan ke kami. Rp5,5 triliun tadi kalau dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu naik 5,8%," paparnya.

Secara nasional BI menyediakan uang tunai senilai Rp197,6 triliun dan membuka layanan sejumlah 4.264 titik di seluruh Indonesia. Proyeksi penyediaan uang secara nasional tersebut meningkat sebesar 4,65% dibandingkan tahun lalu sebesar Rp188,8 Triliun.

"Program SERAMBI sudah rutin kami laksanakan setiap tahun termasuk di berbagai kantor perwakilan di seluruh Indonesia termasuk di DIY. Memastikan pasokan uang dalam jumlah yang cukup dengan kualitas yang baik serta pecahan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ucapnya.

Kerjasama dilakukan bersama dengan 37 perbankan, di mana 8 bank di antaranya akan melakukan kas keliling. Delapan bank tersebut yakni Bank BPD DIY, BRI, Mandiri, BNI, BTN, BSI, CIMB Niaga, dan Mandiri Taspen. Bagi perbankan yang punya kendaraan kas keliling menurutnya bisa bergabung di tahun depan.

Nantinya di tanggal tertentu mulai tanggal 25 Maret 2024 akan mangkal di depan Pakualaman. Tanggal ini dipilih karena menjelang masyarakat mulai gajian."Kami sudah kerja sama ada 37 perbankan juga, jadi ini kalau dari BI sendiri kas keliling di lima titik kabupaten/kota kami jelajah. Kami juga bersama dengan 8 perbankan di enam titik," ujarnya.

Penukaran Digital

Penukaran menggunakan sarana digital bisa dilakukan melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id). Pemesanan layanan penukaran uang sebesar Rp4 juta per orang dengan rincian pecahan Rp50.000 sebanyak 20 lembar, Rp20.000 sebanyak 50 lembar, Rp10.000 sebanyak 100 lembar, Rp5.000 sebanyak 100 lembar, Rp2.000 sebanyak 200 lembar, Rp1.000 sebanyak 100 lembar.

"Untuk penukaran seperti tahun lalu kami kenalkan aplikasi PINTAR masyarakat bisa membuka. Masyarakat juga bisa mendatangi langsung di kas keliling kami dan di Puro Pakualaman. Pembatasannya ini kami maksudkan agar masyarakat lain dapat kesempatan yang sama. Tapi kami naikkan dibandingkan tahun lalu ada semacam kuota Rp4 juta per orang silahkan masing-masing daftar di PINTAR," katanya.

BACA JUGA : Jasa Penukaran Uang Baru Marak di Jembatan Sayidan

Regional CEO BRI Yogyakarta, John Sarjono sudah bersiap untuk melayani transaksi tunai dan non tunai. Sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi. ATM juga akan selalu dimonitor untuk memastikan ketersediaan uang dan mesin dalam kondisi hidup.

"Artinya kebutuhan masyarakat untuk tunai dan non tunai bisa kami penuhi dan diluar kebutuhan yang sifatnya urgent kami ada buffer ada mekanisme tambahan kas antar cabang cadangan buffer selalu kami siapkan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info Stok Hari Ini dan Jadwal Donor Darah di DIY Besok 4 Mei 2024

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement