Advertisement

Momen Lebaran, Okupansi Hotel di Ring 1 Ditargetkan 100%

Anisatul Umah
Senin, 25 Maret 2024 - 15:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Momen Lebaran, Okupansi Hotel di Ring 1 Ditargetkan 100% Jalan Malioboro, Jogja. - Harian Jogja - Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menargetkan di momen lebaran 2024 okupansi hotel DIY bisa mencapai lebih dari 80%. Sementara hotel-hotel yang ada di ring satu bisa 100%.

Wakil Sekretaris BPD PHRI DIY, Wahyu Wikan Trispratiwi mengatakan hotel akan mulai ramai pada tanggal 8 April 2024. Periode lebaran menurut PHRI DIY akan terjadi pada H+2 sampai dengan H+5 lebaran.

Advertisement

"[okupansi] akan di atas 80 persen dan beberapa hotel yang dekat dengan pusat keramaian dan destinasi bisa 100%," ucapnya, Senin (25/03/2024).

Diharapkan okupansi hotel di momen lebaran tahun ini bisa lebih baik daripada tahun lalu. Sebab daya beli masyarakat masih tinggi. Lalu ada cuti bersama selama empat hari dari pemerintah dimana libur tersebut melewati akhir pekan. "Akses ke Jogja juga semakin mudah, tol sudah sampai Klaten, banyak rute kereta api (KA) dan pesawat ke Jogja. Banyak destinasi wisata dan tempat kuliner baru dan beragam," lanjutnya.

Baca Juga

Menparekraf Minta THR Pekerja Hotel dan Restoran Diberikan Lebih Awal, Ini Tanggapan PHRI

Usai Libur Panjang Nataru, PHRI DIY Sebut Reservasi Hotel Masih Tinggi

PHRI Keluhkan Warga yang Buka Jasa Indekos Harian untuk Wisatawan Saat Libur Tahun Baru

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, Ibrahim mengatakan karakteristik DIY berbeda dengan kota lain yang bukan destinasi wisata. Banyak wisatawan yang datang ke DIY sehingga perputaran uang juga berbeda dengan kota lain yang karakteristiknya tidak didukung wisata.

"Kalau estimasi kebutuhan uang memang ada kenaikan Rp5,5 triliun naik 5,8 persen ini belum memperhitungkan kalau kita bicara uang beredar M1 dan M2 ini bisa jadi lebih aktif lagi." ucapnya.

Sebelumnya, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY menyebut wisata DIY bisa lesu lagi saat lebaran 2024 jika tidak ada orkestrasi dari semua sektor wisata di masing-masing kabupaten/kota.

Ketua GIPI DIY, Bobby Ardianto mengatakan sampai saat ini belum ada perubahan produk wisata yang signifikan, ritme nya hampir sama dengan tahun lalu. Dia berharap segera ada orkestrasi dari kabupaten/kota arahnya mau ke mana. Menurutnya produk dari masing-masing kabupaten/kota harus ada perbedaan dan saling melengkapi.

"Sebenarnya permasalahan itu sudah selalu industri sampaikan ke government. Karena kalau tanpa orkestrasi tentunya hal ini [wisata lesu] akan terulang kembali," kata Bobby.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement