Advertisement

Sambut Pemudik, Penambahan Armada Angkutan Umum di DIY Diklaim Mencapai 10%

Anisatul Umah
Selasa, 26 Maret 2024 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Sambut Pemudik, Penambahan Armada Angkutan Umum di DIY Diklaim Mencapai 10% Ilustrasi pemudik. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DPD Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY menyebut di momen Lebaran tahun ini akan ada penambahan armada sekitar 5%-10%.

Ketua DPD Organda DIY, Adi Prasetyo mengatakan pemudik ke DIY mayoritas berasal dari Jabotabek, Surabaya, dan Sumatra seperti Lampung, Palembang, Pekanbaru, hingga Jambi.

Advertisement

"Kami bicara angkutan umum saja. Kalau untuk angkutan umum, pertumbuhan tahun ini kami ada kenaikan untuk mudik armadanya ada penambahan kendaraan 5-10 persen," ucap dia, Selasa (26/3/2024).

Menurutnya, berdasarkan rapat pleno yang sudah dilakukan bersama semua Organda di DIY, semua armada diimbau bersiap menyambut mudik Lebaran tahun ini.

Persiapan dilakukan dengan menomorsatukan keselamatan, baik Angkutan Antarkota Antarprovinsi (AKAP), Angkutan Antarkota dalam Provinsi (AKDP), maupun angkutan perdesaan, taksi, dan bus pariwisata. "Kami imbau dari jajaran pengurus DPD Organda DIY kepada anggota di masing-masing DPC untuk menyiapkan armadanya secara baik, untuk mengutamakan keselamatan bak dari sisi teknis kendaraan dan kru kendaraan, mohon disiapkan dengan baik," jelasnya.

Disinggung soal ramp check, dia mengaku sudah dilakukan oleh dinas terkait, tidak hanya di momen Lebaran, tetapi di momen lain. “Pengecekan sudah rutin dilakukan melalui uji kir enam bulan sekali,” ucap Adi.

BACA JUGA: Kemenhub Siapkan 722 Bus dan 30 Truk Mudik Gratis

Dia mengatakan puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada 7 April 2024 mendatang. Jumlah pemudik diperkirakan meningkat sekitar 5% daripada tahun lalu.

Armada untuk wisata dan AKAP banyak disewa oleh kementerian dan perusahaan yang menggelar mudik gratis. "Kami juga menghimbau masyarakat siapkan mudiknya dengan baik, supaya bilamana gunakan angkutan umum dan kendaraan pribadi, utamakan keselamatan dalam berkendara, mudik dengan selamat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Istri Joko Pinurbo Kenang Sosok Joko Pinurbo sebagai Pribadi yang Sederhana

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement