Advertisement

Pemerintah Yakin Konflik Iran-Israel Tak Ganggu Cadangan BBM Nasional

Anisatul Umah
Rabu, 17 April 2024 - 13:57 WIB
Maya Herawati
Pemerintah Yakin Konflik Iran-Israel Tak Ganggu Cadangan BBM Nasional Foto Ilustrasi, penyaluran BBM oleh Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah. - Istimewa/Pertamina

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meyakini konflik Iran-Israel tidak akan mengganggu cadangan Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), Tutuka Ariadji mengatakan cadangan BBM nasional saat ini ada di kisaran 30 hari.

Menurutnya PT Pertamina (Persero) telah berkontrak dengan beberapa pemasok BBM dari luar negeri yang berkomitmen untuk tetap memasok BBM sesuai kontraknya. Dia menjelaskan cadangan nasional crude plus yang ada di kapal in transit 30 hari, 10 hari yang ada di refinery, plus 15 hari lagi, totalnya sekitar 30 hari.

Advertisement

"Kalau sekarang sudah kontrak ke depan. Jadi kalau tidak ada sesuatu yang ekstrem sekali, saya kira masih oke. LPG dan BBM saya kira aman," ucapnya keterangan tertulis, Rabu (17/4/2024).

Selain pasokan BBM dan crude menurutnya konflik tersebut tidak akan mengganggu proyek-proyek Migas nasional. "Menurut saya isu perang ini kan di tataran level politis," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan meski relatif aman dari sisi cadangan dan pasokan pemerintah perlu mewaspadai dampak dari konflik tersebut berkaitan dengan pasokan minyak dunia melalui Selat Hormuz yang menghubungkan Teluk Persia dengan Teluk Oman dan Laut Arab.

BACA JUGA: Curah Hujan Naik Dua Kali Lipat, Kota Gurun Dubai Dilanda Banjir Besar

Menjadi jalur pelayaran vital bagi tanker minyak yang mengangkut sekitar 30% minyak mentah dunia atau sekitar 21 juta barel minyak mentah per hari. Ia menyebut peran dari selat Hormuz ini penting sekali. Selat hormuz bisa dipegang dan dikelola oleh Iran.

"Jadi sangat menentukan bagaimana Pertamina menyikapi hal itu termasuk pemenuhan pasokan di mana tadi Pertamina udah kontrak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemilik UMKM di Gunungkidul Diminta Melek Teknologi Informasi

Gunungkidul
| Selasa, 30 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement