Advertisement

Berencana Rehab Rumah? Ini TIps Merenovasi Rumah dengan Bujet Rendah

Newswire
Selasa, 11 Juni 2024 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Berencana Rehab Rumah? Ini TIps Merenovasi Rumah dengan Bujet Rendah Ilustrasi renovasi rumah. - JIBI/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebagian orang tentunya pernah merasa bosan dan jenuh ketika melihat isi rumah yang terkesan sederhana. Salah satu isi pikiran yang terdapat di dalam otak adalah membangun rumah dengan konsep mewah, minimalis, dan tentunya ramah di kantong.

Itulah pentingnya Anda harus mampu belajar memahami tips yang tepat untuk merenovasi rumah mewah versi low budget.

Advertisement

Rumah merupakan tempat terpenting bagi manusia. Tempat yang memiliki sejuta kenangan tersebut, menjadi salah satu teman dan saksi atas setiap perjalanan di dalam kehidupan. Umumnya, manusia menjalani renovasi rumah dengan berbagai alasan seperti rusak, memperbarui, mengganti konsep, dan sebagainya.

Sebagian masyarakat kerap membangun rumah disertai dengan momen-momen tertentu seperti hari raya, perayaan pesta, maupun lainnya yang melibatkan suasana hati menjadi nyaman.

Maka dari itu, orang-orang memilih melakukan renovasi rumah dengan konsep terbaru, mewah, dan minimalis. Untuk mewujudkan impian tersebut, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah mengelola dana meminimalkan bujet pengeluaran.

Dilansir dari Forbes dan blackhousere.com, inilah 8 tips merenovasi rumah mewah versi low budget:

  1. Menetapkan anggaran yang tepat

Menetapkan anggaran yang tepat merupakan langkah awal dalam melakukan renovasi rumah. JIka Anda memiliki konsep yang mengikuti bujet, maka hal yang dilakukan adalah menyesuaikan jenis renovasi yang tepat.

Dalam hal ini Anda harus memiliki gambaran yang cukup terkait dengan penyesuaian bujet dengan konsep terkait. Pastikan spot tertentu yang ingin diubah, dan carilah referensi harga yang sesuai dengan luas bangunan rumah.

  1. Mencari konsep desain yang diinginkan

Mencari konsep rumah adalah salah satu hal yang diperlukan sebelum proses renovasi dilakukan. Untuk menghasilkan rumah impian, Anda dapat mencari konsep yang sesuai dengan ide dan gagasan yang diinginkan.

Carilah referensi konsep dalam internet maupun media sosial, yang sifatnya menarik dan dapat disesuaikan dengan bujet awal. Tentukan konsep secara tepat dengan memperhatikan tata letak, kebutuhan barang, jumlah kamar, dan sebagainya. jIka diperlukan, perlu carilah gambaran properti yang diinginkan untuk mengisi rumah baru tersebut.

  1. Kembangkan renovasi bersama kontraktor

Kontraktor merupakan salah satu layanan penyedia jasa yang bergerak pada bidang konstruksi atau pembangunan. Anda dapat menggunakan layanan jasa tersebut untuk mewujudkan rumah impian secara tepat dan sesuai dengan bujet yang diinginkan.

Kontraktor akan membantu Anda dalam menyesuaikan konsep, melakukan renovasi, dan merekomendasikan pembangunan secara praktis sesuai dengan bujet yang diinginkan. Dalam hal ini, kontraktor akan menjadi pemborong yang akan merenovasi rumah tersebut.

  1. Memeriksa setiap perkembangan

Memeriksa setiap perkembangan renovasi rumah adalah salah satu hal yang dilakukan untuk mengetahui jumlah pengeluaran, progres renovasi, dan memeriksa semua kendala yang terjadi di lapangan. Anda dapat memeriksa proses renovasi tersebut dalam kurun waktu satu minggu hingga satu kali dalam sebulan. Hal yang perlu dilakukan saat memeriksa perkembangan tersebut adalah mencatat seluruh progres, melihat dan mencoba secara langsung kebutuhan isi rumah, dan membantu para tukang dalam mengisi perabotan di rumah tersebut.

  1. Membeli perabotan sesuai kebutuhan

Membeli perabotan rumah dapat dilakukan saat proses pembangunan berjalan sekitar 50%. Persentase tersebut mampu menunjukkan hasil dan bentuk rumah yang dapat dilihat oleh banyak orang. Anda dapat berbelanja perabotan rumah tangga yang sesuai dengan tata letak dan besaran bangunan rumah. Dalam hal ini Anda harus berbelanja sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Hindari pembelian barang yang tidak dapat digunakan dalam jangka panjang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Pemotor Bawa Anak Tabrak Portal di Waduk Sermo Kulonprogo

Jogja
| Selasa, 18 Juni 2024, 19:02 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement