Advertisement

Investasi Elon Musk Senilai Rp30 Miliar Belum Sebanding dengan Sambutan Indonesia

Hesti Puji Lestari
Kamis, 13 Juni 2024 - 19:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Investasi Elon Musk Senilai Rp30 Miliar Belum Sebanding dengan Sambutan Indonesia Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada Senin (20/5 - 2024) / BPMI Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Investasi CEO Starlink, Elon Musk ke Indonesia senilai Rp30 Miliar. Nilai ini tentu belum sebanding dengan kedatangan Musk ke Indonesia lantaran dijemput Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan disambut Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengatakan jika investasi Starlink di Indonesia sebesar Rp30 miliar saja. Bahkan, tenaga kerja Starlink saat ini baru tiga orang. “Saya jujur ini Starlink ini investasinya Rp30 miliar, dan ini data OSS ya. Tenaga kerjanya tiga orang yang terdaftar,” kata Bahlil dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Selasa (11/6/2024).

Advertisement

Baca Juga: Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Luhut

Tentu ini menjadi hal yang berbanding terbalik dengan harapan pemerintah. Apalagi kedatangan Elon Musk ke Indonesia pada 19 Mei la dijemput langsung oleh Luhut. Kemudian, Jokowi juga sempat bertemu Musk dan membuka lebar peluang investasi miliarder dunia tersebut di Indonesia. Saat bersua Musk, Jokowi telah dengan jelas mengatakan jika Indonesia membuka banyak potensi investasi di berbagai sektor.

Baca Juga: Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Elon Musk

“Pak Musk, Indonesia saat ini sedang menjalani percepatan transformasi digital nasional dan membuka banyak potensi investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital. Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan terus mendorong pengembangan investasi perusahaan SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring di Indonesia,” ujar Presiden Jokowi di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10.A

Baca Juga: Elon Musk: Saya Ingin Berinvestasi di Indonesia dalam Jangka Panjang

Alih-alih menatap Indonesia, Elon Musk malah memilih main mata dengan India. Beberapa waktu lalu, Elon Musk mengucapkan selamat atas kemenangan Narendra Modi dan aliansinya dalam pemilihan umum. Bukan hanya itu, melalui cuitannya, Musk tampak menunjukkan minatnya untuk bekerja di negara tersebut.

"Selamat Narendra Modi atas kemenangan Anda dalam pemilu demokratis terbesar di dunia! Saya menantikan perusahaan saya melakukan pekerjaan menarik di India," kata Musk di X.

Komentar tersebut muncul beberapa minggu setelah Musk menunda kunjungannya ke India, di mana ia diperkirakan akan membahas investasi untuk fasilitas Tesla baru untuk memproduksi kendaraan berbiaya rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Nenek 70 Tahun Meninggal Dunia Tertabrak Sepeda Motor di Jalan Kaliurang

Sleman
| Jum'at, 19 Juli 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement