Advertisement

Elon Musk: Saya Ingin Berinvestasi di Indonesia dalam Jangka Panjang

Akbar Evandio
Senin, 20 Mei 2024 - 20:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Elon Musk: Saya Ingin Berinvestasi di Indonesia dalam Jangka Panjang Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada Senin (20/5 - 2024) / BPMI Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk mengatakan perusahaan-perusahaan miliknya akan aktif berinvestasi di Indonesia dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini disampaikan Elon Musk saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Senin (20/5/2024). “Saya meyakinkan Anda bahwa perusahaan saya yang lain akan berinvestasi di Indonesia dalam jangka panjang. Jadi terima kasih,” kata Elon Musk kepada Jokowi, Senin (20/5/2024).

Advertisement

Tak hanya itu, Elon Musk juga menyatakan kehormatannya bisa berpartisipasi dalam forum World Water Forum dan merasa senang bisa berada di Bali dan akan fokus terhadap permintaan dari Jokowi. “Terima kasih telah mengundang saya ke World Water Forum ke-10. Senang untuk berada di sini di negara Anda yang tercinta. Apalagi, Bali diakui secara internasional sebagai salah satu tempat terindah di dunia, jadi merupakan suatu kehormatan untuk berada di sini,” ucapnya.

Dia menekankan kunjungannya ini juga menandakan minat yang tinggi dari investor global dalam ekonomi digital Indonesia, serta potensi kerja sama di masa depan yang akan mendukung infrastruktur digital di seluruh Tanah Air.

"Dan suatu kebanggaan, saya berharap dapat menyediakan konektivitas awal ke tempat-tempat yang saat ini belum memilikinya seperti sekolah, puskesmas, rumah sakit dan di mana pun konektivitas ini dapat membantu,” tandas Musk.

Baca Juga

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Luhut

Empat Menteri Bakal Dampingi Elon Musk Resmikan Starlink Besok!

Sebelumnya, Jokowi mengapresiasi Elon Musk atas keikutsertaannya sebagai pembicara di forum tersebut dan membahas pentingnya pengelolaan air. Presiden Ke-7 RI itu juga mengundang Musk untuk mengembangkan lebih lanjut investasinya di Indonesia, yang mencakup perusahaan-perusahaan seperti SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring. "Pak Musk, Indonesia saat ini sedang menjalani percepatan transformasi digital nasional dan membuka banyak potensi investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital. Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan terus mendorong pengembangan investasi perusahaan SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring di Indonesia,” ujar Jokowi.

Terkait dengan kerja sama Starlink yang telah berjalan, Presiden berharap Starlink dapat bersinergi dengan penyedia internet di Indonesia untuk menyediakan akses internet yang terjangkau, mengutamakan perlindungan konsumen, memberikan harga yang lebih murah untuk penggunaan layanan publik termasuk di puskesmas hingga sekolah terpencil di Indonesia. “Saya berharap Starlink dapat bersinergi dengan para provider internet di Indonesia untuk menyediakan akses internet yang terjangkau, juga membantu dalam menghadapi perlindungan konsumen dengan memberikan harga yang lebih rendah untuk pelayanan publik, termasuk terhadap kesehatan masyarakat baik pusat, termasuk di puskesmas hingga sekolah terpencil di Indonesia,” katanya.

Investasi Tesla

Untuk diketahui, pemerintah Indonesia telah beberapa kali menjalin komunikasi dengan Tesla terkait dengan rencana investasi produsen mobil listrik tersebut di Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya menyatakan bahwa pemerintah sudah kembali melakukan komunikasi dengan Tesla. Meski demikian, dia masih enggan berbicara lebih banyak terkait dengan rencana investasi tersebut. “Ada [kabar dari Tesla], tapi belum saya buka,” kata Luhut di sela-sela acara Musrenbangnas 2024, JCC, Jakarta pada Senin (6/5/2024).

Di sisi lain, Tesla juga dikabarkan melirik investasi di Thailand. Para eksekutif Tesla dikabarkan telah menyambangi Thailand untuk mencari potensi investasi kendaraan listrik di Negeri Gajah Putih. Melansir dari Reuters pada Kamis (7/12/2023), Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin mengatakan telah mengajak para eksekutif Tesla berkeliling pada kawasan industri di Thailand. Dia pun optimistis perusahaan Elon Musk akan menanamkan modal di Thailand. "Saya berusaha sekuat tenaga untuk menghibur mereka agar mereka jatuh cinta dengan Thailand. Mereka mencari lahan seluas 2.000 rai (320 hektare)," kata Srettha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Reformasi Kalurahan, Momentum Penyederhanaan Layanan Mewujudkan Masyarakat Sejahtera

Jogja
| Rabu, 26 Juni 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement