Advertisement

Sosialisasi QRIS Antarnegara Sinergi Lokal menuju Internasional

Media Digital
Senin, 24 Juni 2024 - 23:17 WIB
Arief Junianto
Sosialisasi QRIS Antarnegara Sinergi Lokal menuju Internasional Salah satu pedagang di Teras Malioboro 2 mendapatkan sosialisasi soal QRIS Antarnegara," ucap dia.

Advertisement

JOGJA—Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret (UNS) berkolaborasi dengan Bank Indonesia melaksanakan sosialisasi kampanye QRIS Antarnegara di Teras Malioboro 2 Yogyakarta.

Sosialisasi QRIS Antarnegara yang bertajuk Sinergi Lokal Menuju Internasional menyasar sejumlah merchant di Teras Malioboro 2.

Advertisement

Tema yang diusung merupakan representasi dari kampanye QRIS Antarnegara yang berupaya untuk meningkatkan transaksi QRIS wisatawan asing di dalam negeri.

Sebanyak 30 mahasiswa Ilmu Komunikasi yang terbagi atas enam tim memberikan penjelasan terkait dengan kampanye QRIS Antarnegara itu.

Setelah sosialisasi berlangsung, tim membagikan stiker QRIS Antarnegara dan sembako sebagai salah satu tanda bahwa merchant telah terafiliasi dengan Bank Indonesia melalui metode pembayaran QRIS Antarnegara. Terdapat juga merchandise berupa kaos untuk merchant yang bersedia untuk hadir di booth panitia.

Antusiasme yang cukup tinggi terlihat dari berbagai merchant yang telah mendapatkan sosialisasi. Seperti halnya yang disampaikan oleh Bu Yeni pemilik lapak pakaian di Teras Malioboro 2.

“Saya merasa sangat terbantu dan teredukasi dengan acara sosialisasi ini, saya sendiri merasa excited karena pembeli biasanya sudah biasa menggunakan QRIS, jadi sosialisasi bahwa QRIS bisa digunakan turis asing jadi sangat membantu untuk saya,” ujarnya.

Di sisi lain, sosialisasi ini merupakan rangkaian terakhir dari Integrated Marketing Communication yang telah dilaksanakan mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS sejak Agustus 2023.

Managing Director kampanye QRIS Antarnegara, Elvira Nurafni mengutarakan bahwa rangkaian acara yang telah dilangsungkan akan segera dilakukan monitoring dan evaluation sebagai salah satu bahan untuk Bank Indonesia melakukan peningkatan terhadap moda pembayaran QRIS Antarnegara.

Keberjalanan acara ini didukung oleh Dinas Kebudayaan UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya Yogyakarta.

Rangkaian acara sosialisasi ini berhasil menyasar lebih dari 50 merchant yang ada di Teras Malioboro 2 dan diakhiri dengan sesi dokumentasi dan pembagian plang yang menunjukkan merchant telah terintegrasi dengan QRIS Antarnegara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Menjamin Keamanan dan Kenyamanan, Pemkot Jogja Bikin Konsep Hotel Ramah Anak

Jogja
| Jum'at, 19 Juli 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement