Advertisement

Prodi Spesialis Kedokteran Gigi Anak UGM Gelar Program Pengabdian di SLB Samara Bunda

Media Digital
Kamis, 18 Juli 2024 - 18:37 WIB
Maya Herawati
Prodi Spesialis Kedokteran Gigi Anak UGM Gelar Program Pengabdian di SLB Samara Bunda Pengenalan cara menyikat gigi bersama Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak drg.Choirunisa Nur Humairo (kiri) dalam acara pengabdian masyarakat di SLB Samara Bunda, Kamis (18/7 - 2024). Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

JOGJA—Program Studi (Prodi) Spesialis Kedokteran Gigi Anak angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM menggelar program pengabdian masyarakat bertajuk Healthy Smiles for Children With Disabilities di SLB Samara Bunda, Kotagede, Kota Jogja, Kamis (18/7/2024).

Berbagai kegiatan yang digelar seperti penyuluhan, pemeriksaan gigi gratis, hingga sikat gigi bersama.

Advertisement

Kepala Sekolah SLB Samara Bunda, Rahayu Pujiati mengucapkan terima kasih telah memilih SLB Samara Bunda sebagai lokasi pengabdian.

Dia berharap kegiatan dan hubungan baik ini tidak terputus dalam kegiatan ini saja. "Alhamdulillah kami jadi tempat pengabdian, banyak manfaat yang kami terima," ucapnya.

Ketua Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak UGM dan Perwakilan Dekan FKG UGM, drg. Sri Kuswandari mengatakan sebelumnya pengabdian masyarakat FKG UGM sifatnya insidental, namun untuk angkatan 2021 ini dibuat tematik.

Dan juga terintegrasi, seperti saat ini dengan Fakultas Psikologi. Diharapkan manfaatkan bagi yang disasar semakin maksimal.

"Khususnya bagi yang berkebutuhan khusus peran orang tua dan guru sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi anak," tuturnya.

Salah satu pembicara Dosen Fakultas Psikologi UGM, Itsna Duroti Layyinatus Syifa menjelaskan kebutuhan khusus ini beragam ada yang secara fisik tampak dan ada yang tidak tampak. Punya risiko kesulitan dalam menghadapi proses belajarnya.

Orang tua dari anak berkebutuhan khusus perlu berupaya maksimal agar anak bisa mandiri dan berdaya. Pelan-pelan dalam menyampaikan pembelajaran dan dilakukan dengan cara yang terstruktur.

Sehingga anak-anak bisa mempersiapkan diri. Mengatur lingkungan belajar bagi anak juga penting sehingga bisa fokus dalam belajar.

"Orang tua spesial dipilih menjaga dan mendidik anak sehingga bisa ikhlas dan ada jalan," kata Itsna.

Dalam mendidik anak berkebutuhan khusus menurutnya orang tua bisa menyayanginya dengan wajar, tidak memberi penolakan, dan tidak berlebihan dalam mengasihinya. Diberikan kesempatan mandiri dengan pendampingan optimal.

Orang tua juga bisa belajar mencari informasi apa yang dibutuhkan. Kemudian mencari potensi dari anak.

"Penting juga mengelola emosi, apalagi menghadapi anak berkebutuhan khusus. Latihan pernafasan saat mengalami stres, mungkin ada kondisi seperti itu," jelasnya.

BACA JUGA: Tiga Bidang Tanah Tol Jogja-Solo di Sleman Belum Dibebaskan, Ini Kendalanya

Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak drg. Choirunisa Nur Humairo mengatakan kesehatan gigi anak perlu menjadi perhatian bagi orang tua.

Beberapa upaya menjaga gigi tetap sehat seperti dengan sikat gigi dengan frekuensi dan langkah yang tepat. Memberikan pendampingan kepada anak.

Kemudian membatasi konsumsi gula, hingga konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran. Anak butuh lingkungan yang mendukung dan di sini perlu peran orang tua. "Peran orang tua adalah kunci menjaga kesehatan gigi dan mulut," ucapnya.

Pembimbing Aplikasi Gigi Kecil, Dwina Aulia mengenalkan mengatakan mejaga kesehatan gigi  bisa juga dibantu dengan teknologi, seperti Aplikasi Gigi Kecil.

Banyak fitur di dalamnya yang bisa melakukan deteksi awal gigi berlubang. Ada banyak konten dan permainan edukasi di dalamnya.

"Penting menjaga kesehatan gigi dan mulut, kami membantu dengan teknologi." (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement