Advertisement

Warning! Cadangan Minyak Indonesia Hanya Cukup untuk 11 Tahun

Alifian Asmaaysi
Jum'at, 13 September 2024 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Warning! Cadangan Minyak Indonesia Hanya Cukup untuk 11 Tahun West Ganal, blok migas di Kalimantan Timur. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan cadangan gas bumi Indonesia tersedia hingga 15 tahun ke depan, sedangkan cadangan minyak hanya cukup untuk 11 tahun lagi. 

Direktur Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Laode Sulaeman menuturkan bahwa saat ini posisi cadangan gas RI sebesar 35,3 triliun kaki kubik (Tcf). “Gas [cadangan]-nya itu masih bisa 15 tahun. Nah, ini juga ditopang oleh penemuan besar yang mungkin nanti mencapai jumlah proven reserves [cadangan terbukti] yang masih bisa diambil,” kata dia dalam acara Oil & Gas, Mining and Construction Indonesia Expo 2024 di Jiexpo, Jakarta, Jumat (13/9/2024).

Advertisement

Laode juga menuturkan, saat ini posisi cadangan minyak RI masih terjaga, di mana jumlahnya mencapai 2,41 miliar barel.

Dia memastikan, cadangan minyak bumi Indonesia itu masih akan mampu memenuhi kebutuhan minyak hingga 11 tahun ke depan. “Kita pada hari ini masih punya cadangan oil [minyak] untuk 11 tahun atau 2,41 miliar barel. Kalau kami proyeksi saat ini kurang lebih 11 tahun,” ucap dia.

BACA JUGA: Harga Minyak Goreng MinyaKita Naik Bersamaan Minyak Goreng Curah

Guna memastikan cadangan gas dan minyak RI terus terjaga, Kementerian ESDM berkomitmen untuk terus mengeksplorasi sejumlah lapangan prospektif di Tanah Air.

Ke depan, Kementerian ESDM bakal fokus melakukan eksplorasi pada lima potensial area eksplorasi migas yang sudah dipetakan, di antaranya Buton, Seram, Warim, Aru dan Timor yang berlokasi di bagian timur Indonesia. “Jadi proyek-proyek ini nanti harus menjadi penopang utama di dalam proses kita ketahanan energi kita,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JiBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Siap Fasilitasi Jaminan Kesehatan dan Sosial untuk Penyelenggara dan Pengawas Pilkada Bantul

Bantul
| Rabu, 18 September 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement