Advertisement

Cadangan Devisa Indonesia per September 2024 Tercatat 149,9 Miliar Dolar AS

Newswire
Senin, 07 Oktober 2024 - 10:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Cadangan Devisa Indonesia per September 2024 Tercatat 149,9 Miliar Dolar AS Dolar Amerika Serikat / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Posisi cadangan devisa Republik Indonesia (RI) pada akhir September 2024 tercatat sebesar 149,9 miliar dolar AS. Menurut Bank Indonesia (BI) jumlah tersebut relatif stabil dibandingkan posisi pada akhir Agustus 2024 sebesar 150,2 miliar dolar AS.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Ramdan Denny Prakoso menjelaskan bahwa  posisi cadangan devisa pada akhir September 2024 setara dengan pembiayaan 6,6 bulan impor atau 6,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

BACA JUGA: Bank Indonesia:Teknologi Digital Efektif Perluas Pasar UMKM

Advertisement

"Perkembangan cadangan devisa ini antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah," katanya, Senin (7/10/2024).

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai sehingga mendukung ketahanan sektor eksternal.

Ramdan menuturkan prospek ekspor yang tetap positif, neraca transaksi modal dan finansial yang diprakirakan tetap mencatatkan surplus sejalan persepsi positif investor terhadap prospek perekonomian nasional dan imbal hasil investasi yang menarik, mendukung tetap terjaganya ketahanan eksternal.

Bank Indonesia juga terus memperkuat sinergi dengan pemerintah dalam memperkuat ketahanan eksternal sehingga dapat menjaga stabilitas perekonomian dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Satpol PP Jogja Tertibkan Pengamen Boneka di Jalan Laksda Adiscipto

Jogja
| Senin, 07 Oktober 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement