Advertisement

New Prameks Bakal Diresmikan Jumat, Tiga Hari Pertama Gratis!

Rheisnayu Cyntara
Selasa, 08 Mei 2018 - 19:37 WIB
Nina Atmasari
New Prameks Bakal Diresmikan Jumat, Tiga Hari Pertama Gratis! Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Armada kereta komuter Prambanan Ekspres relasi Solo-Jogja-Kutoarjo "New Prameks" siap diresmikan pada Jumat (11/5/2018) mendatang.

Rencananya selama tiga hari yakni 11-13 Mei 2018, masyarakat bisa memanfaatkan armada ini tanpa biaya sepeser pun alias gratis.

Advertisement

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI, Eko Budiyanto mengatakan dua rangkaian kereta (train set) New Prameks sudah terparkir diĀ  Stasiun Solo Balapan. Tiap satu rangkaian kereta mempunyai empat gerbong.

Eko menjelaskan, tidak seperti kereta rel listrik yang seluruh tempat duduknya memanjang di sisi kanan dan kiri kereta, tempat duduk kereta ini dirancang laiknya kereta jarak jauh.

Kereta ini memiliki kapasitas 393 penumpang dalam kondisi normal tetapi bisa dimaksimalkan hingga 492 penumpang. Menurutnya kereta New Prameks yang dibuat oleh PT INKA ini sudah menjalani berbagai pengujian sebelum dioperasikan.

"Jumat akan kami resmikan di Stasiun Solo Balapan. Nantinya setelah peresmian, yaitu tanggal 11, 12, 13 masyarakat bisa naik kereta ini gratis," ucapnya kepada Harianjogja.com, Selasa (8/5/2018).

Eko menuturkan perkiraan tarif kereta ini yaitu untuk rute Jogja - Solo Rp30.000, Solo - Kutoarjo Rp40.000, dan Jogja - Kutoarjo Rp30.000. Namun terkait jumlah trip, Eko belum dapat memastikan akan ada berapa relasi dalam sehari. Hal itu menurutnya masih dalam pembahasan.

Sebagaimana diketahui kereta New Prameks tersebut melengkapi lima rangkaian kereta lainnya. Mulai dari jenis kereta rel diesel dengan kapasitas angkut 384 hingga 800 penumpang serta kereta rel diesel elektrik AC dengan kapasitas 462 penumpang. Namun, tidak semua rangkaian kereta dioperasionalkan karena ada yang menjalani perawatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Bawaslu Bantul Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada 2024

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement