Advertisement

Gudeg Kaleng Laris Manis, Sudah Pernah Coba?

Rheisnayu Cyntara
Rabu, 20 Juni 2018 - 09:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Gudeg Kaleng Laris Manis, Sudah Pernah Coba? Aneka makanan kalengan khas Jogja - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pada musim libur Lebaran kali ini, para pengusaha gudeg meningkatkan produksinya dibandingkan hari-hari biasa. Beberapa pengusaha bahkan memperbanyak produksi gudeg kaleng untuk oleh-oleh pemudik luar kota. 

Ketua Asosiasi Pengusaha Gudeg Jogja Esaf Mangngiri mengatakan beberapa pengusaha gudeg memang telah memiliki produk gudeng kalengan sejak lama. Namun ada juga yang baru menyediakan pada saat musim Lebaran kali ini. Menurut dia, cukup banyak pengusaha yang menyediakan gudeng kaleng ini, di antaranya Gudeg Bu Tjitro, Gudeg Yu Djum dengan produk Gudeg Bagong, Gudeg Bu Ahmad, Gudeg Wijilan, Gudeg Wijilan 167, Gudeg Bu Rini, dan lain-lain. 

Advertisement

"Memang permintaan cukup tinggi untuk gudeg kaleng, makanya pengusaha menyediakan produk ini," katanya kepada Harian Jogja, Selasa (19/6/2018). 

Esaf mengakui minat masyarakat akan penganan khas Jogja yang satu ini memang tinggi, terutama yang dikemas dalam kaleng. Pasalnya bagi para pemudik luar kota, kemasan kaleng ini relatif lebih aman dan tahan lama. Berbeda dengan kemasan besek atau kendhil yang daya tahannya cukup singkat. Walhasil, mereka pun banyak memilih kemasan kaleng untuk dibawa sebagai buah tangan saat kembali ke perantauan. 

Namun demikian Esaf menyebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kepadatan antrean membeli gudeg sangat berkurang. Jarang sekali terlihat antrean yang menumpuk di tempat-tempat penjualan gudeg. Ia menengarai hal itu disebabkan panjangnya waktu libur Lebaran kali ini. Sehingga para pembeli tidak membeli dalam satu waktu. 

"Biasanya H-5 dan H+2 itu antreannya numpuk tapi sekarang tidak. Bukan berarti tidak meningkat ya, pasti meningkat karena produksi juga ditingkatkan tapi pembeli datangnya enggak langsung brek dalam satu waktu," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement