Advertisement

Wisatawan Beralih ke Wilayah Perbukitan

Rheisnayu Cyntara
Jum'at, 04 Januari 2019 - 10:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Wisatawan Beralih ke Wilayah Perbukitan Komunitas Jip Wisata Mangunan saat parkir di kawasan wisata Pinus Pengger di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Rabu (4/7/2018). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berbeda halnya dengan BPS Jawa Tengah yang mencatat ada penurunan jumlah wisman yang berkunjung hingga 2,69% pada November lalu, Dinas Pariwisata DIY mengklaim ada peningkatan kunjungan pada periode akhir tahun ini. Terutama di objek-objek wisata yang terletak di perbukitan.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar DIY, Arya Nugrahadi mengakui belum ada jumlah pasti kunjungan wisatawan pada periode akhir tahun ini. Data lengkap baru akan disampaikan pada akhir Januari mendatang. Namun jika diamati secara parsial per objek wisata, Arya mengklaim ada penambahan jumlah kunjungan wisatawan yang cukup signifikan pada periode akhir tahu ini. Ia mencontohkan berdasarkan hasil rekap pengelola objek wisata Puncak Becici dan Bukit Pengger di Bantul menunjukkan adanya peningkatan hingga 100%, Pinus Asri 25%, dan Tebing Breksi dari 5000 wisatawan per hari menjadi sekitar 25.000 wisatawan per hari.

Advertisement

"Jika dilihat data ini, maka ada peningkatan terutama di wilayah perbukitan, termasuk di dalamnya wilayah Wanawisata Budaya Mataram di Dlingo, Tebing Breksi, dan sekitar Menoreh," katanya kepada Harian Jogja, Kamis (3/1).

Kecenderungan pada akhir tahun ini menurutnya berbeda dengan tahun sebelumnya. Arya mengakui kekuatan wisata Jogja sebenarnya masih di pada objek wisata pantai. Namun karena ada beberapa bencana tsunami dan pemerintah mengeluarkan peringatan untuk sementara menghindari wilayah pantai, maka wisatawan banyak yang lantas memilih berlibur di wilayah perbukitan. "Saya yakin sebenarnya tidak banyak turun di wilayah pantai, hanya saja tidak seramai biasanya karena ada imbauan untuk sementara menjauh dari pesisir," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement