Advertisement

Dua Kali Hilang, Air Asia Pilih “Putus” dengan Traveloka

Rinaldi Mohammad Azka
Senin, 04 Maret 2019 - 21:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dua Kali Hilang, Air Asia Pilih “Putus” dengan Traveloka Ilustrasi pesawat Airasia lepas landas. - Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Air Asia akhitnya mengambil keputusan tegas dengan menarik secara permanen penjualan penerbangannya dari agen perjalanan daring Traveloka seusai dua kali hilangnya pilihan maskapai Air Asia dari aplikasi tersebut.

 Penarikan mencakup semua rute penerbangan di seluruh jaringan AirAsia. Ini mengikuti hilangnya penerbangan Air Asia Indonesia dari Traveloka untuk kedua kalinya dalam dua pekan terakhir.

Advertisement

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan menuturkan pihaknya sudah memberikan surat elektronik resmi sebanyak lima kali ke pihak agen perjalanan, sejak Sabtu (2/3), tetapi tidak ada balasan resmi dari surat tersebut.

Dia menyebutkan memang ada tanggapan berupa telepon melalui Head of Communications Air Asia pada Minggu (3/3) malam. Namun, pembicaraan tersebut tidak mengubah keputusan Air Asia.

“Traveloka tidak bertindak dengan itikad baik. Mereka menolak memberikan penjelasan resmi meskipun kami berulang kali berupaya mencari klarifikasi," katanya, Senin (4/3).

Salah satu pertimbangan utama pencabutan tersebut adalah respons pertanyaan masyarakat di laman instagram Traveloka yang dijawab dengan jawaban kurang yang dinilai kurang menyenangkan.

"Kami mengamati melalui pesan media sosial bagaimana pelanggan yang bertanya tentang tidak tersedianya penerbangan AirAsia direkomendasikan oleh Traveloka untuk memesan dengan maskapai lain sebagai gantinya. Grup AirAsia menarik penjualan semua penerbangannya dari Traveloka dengan segera,” tegasnya.

Padahal, sumbangsih penjualan tiket melalui online travel agent (OTA) sebesar 20% sebagian besar berasal dari Traveloka.

Dia menambahkan, penumpang yang ingin membeli penerbangan AirAsia disarankan untuk memesan langsung dari situs resmi Air Asia atau aplikasi seluler Air Asia.

“Situs web dan aplikasi seluler airasia.com kami adalah alternatif yang lebih baik di mana wisatawan dapat memesan penerbangan dengan tarif terendah langsung dari kami dan menikmati diskon promosi hotel,” ungkapnya.

Penerbangan AirAsia pertama kali hilang dari Traveloka pada 14-17 Februari 2019, bertepatan dengan peningkatan sistem jaringan Air Asia pada 16 Februari 2019. Traveloka mengutip downtime sistem 13 jam sebagai alasan untuk penerbangan Air Asia menghilang dari situs web mereka dalam menanggapi pertanyaan dari pelanggan.

Namun, penerbangan AirAsia menghilang dari Traveloka untuk kedua kalinya pada 2 Maret tanpa klarifikasi, jauh setelah keberhasilan peningkatan sistem oleh Air Asia.

Dia tidak khawatir keputusan tersebut akan mengurangi okupansinya, karena menurutnya penumpang sudah cukup pintar untuk beralih menggunakan travel agent atau ke situs resmi dalam membeli tiketnya.

Dendy menilai persaingan harus bebas dan adil untuk memastikan konsumen mendapat manfaat dari penawaran terbaik. Dengan demikian seharusnya tidak dibiarkan adanya monopoli yang membunuh persaingan dengan mengorbankan publik yang bepergian.

Dia pun tidak berencana melaporkan peristiwa ini ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), tetapi dia meminta KPPU agar melihat sendiri bukti di lapangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement