Bukopin Syariah Dorong Pertumbuhan CASA

Bukopin Syariah Dorong Pertumbuhan CASAIlustrasi perbankan syariah. - Bisnis.com
11 Maret 2019 08:30 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PT Bank Syariah Bukopin (Bukopin Syariah) terus mendorong pertumbuhan bisnis pada 2019. Meskipun 2019 merupakan tahun politik, tetapi Bukopin Syariah Yogyakarta optimistis pertumbuhan Current Account Saving s Account (CASA) atau dana murah bisa melebihi harapan.

Pemimpin Cabang Bukopin Syariah Yogyakarta Abdul Majid mengungkapkan untuk mencapai porsi CASA 50% dari total penghimpunan dana pihak ketiga (DPK). Karena itu pihak bank harus memiliki program-program untuk meningkatkan porsi CASA. Hal itu pula yang dilakukan Bukopin Syariah.

"Kami memiliki berbagai program salah satunya Tabungan Hadiah Suka-Suka khususnya produk Tabungan iB Siaga dan Tabungan iB Siaga Bisnis," kata dia di Jogja pekan lalu.

Majid menjelaskan tabungan Suka-Suka diberikan kepada nasabah juga sebagai apresiasi atas kepercayaan nasabah. Tabungan ini juga untuk menjawab kebutuhan gaya hidup. Adanya tabungan ini juga untuk meningkatkan komposisi dana murah dan cukup efektif. "Untuk mencapai 50 persen kan sulit. Setelah ada program ini, komposisi CASA kami bisa melebihi ekspektasi. Komposisi CASA kami hampir 60 persen terhadap total DPK," jelas dia.

Ia menjelaskan pada 2019 ini memang belum terlihat pertumbuhan yang signifikan karena baru berjalan dua bulan. Namun, dari sisi funding, ia menyatakan pertumbuhan sudah mulai terlihat.  "Untuk pembiayaan juga tetap tumbuh, tetapi memang lebih slow down [melambat] kata dia," ujar dia.