Bisnis Melambat, Peritel Konvension Putar Otak

Bisnis Melambat, Peritel Konvension Putar OtakBagian penjualan tas dan septu di Centro Department Store, Plaza Ambarrukmo Sleman, Selasa (26/3)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
29 Maret 2019 11:27 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Tahun ini dinilai menantang bagi pelaku bisnis retail terutama konvensional lantaran gempuran persaingan dengan bisnis online. Pertumbuhan bisnis pun melambat dibanding tahun lalu.

Store Support Manager Centro Department Store, Plaza Ambarrukmo Kumalasari mengungkapkan gempuran  bisnis daring sangat terasa. Karena itu pihaknya harus putar otak mencari strategi yang tepat menghadapi tantangan bisnis saat ini.

"Online memang banyak gempurannya. Harga mereka berani sangat rendah, tetapi, untuk fesyen pola pikir masyarakat masih ke merek dan harus bersentuhan dengan barangnya dan mencoba. Itulah keunggulan kami," kata dia kepada Harian Jogja di Centro, Selasa (26/3) sore.

Selain itu, pelanggan yang sudah brand minded, lebih percaya ketika berbelanja secara langsung. Banyak yang sanksi dengan barang bermerek yang dijual di platform online dengan harga yang terpaut jauh.

"Di tengah persaingan ini, kami harus bisa bertahan. Kami berikan treatment khusus kepada pelanggan misalnya ada pemberian voucer dan bisa menukar barang ketika tidak pas dicoba," jelas dia.

Jika kebanyakan pembeli di sebuah toko hanya datang dan pergi, Centro coba menangkap peluang dengan menjaga koneksi dengan pelanggan. Pelanggan akan dipsesialkan dengan adanya program khusus yang disiapkan dengan sebaik-baiknya. Bahkan pelanggan loyal akan diberi undangan khusus serta gimmick menarik.

"Kondisi sekarang, retail secara global mengeluh semua. Melambat dibandingkan tahun lalu. Kita harus bisa mengikuti arus agar tidak tertinggal," kata dia.

Ia mengatakan meskipun melambat, Centro masih pada posisi yang aman. Hal itu didukung oleh pelanggan loyal yang menjadi member. Ia mengatakan ada sebanyak 128.000 member Centro Department Store, Plaza Ambarrukmo, sekitar 30% di antaranya sangat aktif berbelanja.

"Member kami menyumbang 40 persen dari penjualan toko. Otomatis itu menjadi jaringan bisnis yang kuat  Jadi, kami harus memperkuat program tematik kami dan menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan," jelas dia.

Ia berharap kondisi bisnis pada 2019 bisa membaik. Menurutnya, bisa tumbuh 10% dibanding tahun sebelumnya sudah bagus.

 Promo Khusus

Salah satu program khusus yang disiapkan misalnya shoes and bags fair yang berlangsung 4-31 Maret 2019. Program ini memberikan berbagai macam penawaran promo seperti diskon hingga 70% dan buy one get one free dari berbagai merek ternama.

Supervisor Shoes and Bags Centro Department Store, Plaza Ambarrukmo Candra Dhito mengungkapkan ada 36 merek sepatu dan sekitar 12 merek tas yang ada di Centro Plaza Ambarrukmo. "Sekitar 80 persen dari total brand itu akan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Brand-brand ternama itu antara lain Guess, Andrew, Palomino, Robelli, Hush Puppies, Elle, Belleza, Symbolize, Polla Polly, Noche, Cortica, dan merek lainnya," terang dia.

Dalam acara itu juga dihadirkan acara bertajuk #ParksonCentroShoesBagsLover pada Sabtu (30/3). Pelanggan akan dimanjakan dengan berbagai program menarik yaitu free shopping voucher Rp50.000, free nail polish atau free temporary tattoo, hadirnya fashion expert dan fashion influencer yang akan berbagi informasi tren fesyen saat ini.