Advertisement

Disnakertrans Dongkrak Kapasitas SDM

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 08 Juli 2019 - 08:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Disnakertrans Dongkrak Kapasitas SDM Tenaga kerja Indonesia. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY akan melakukan sejumlah hal untuk mendukung program Pemerintah Pusat dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM), 

Kepala Disnakertrans DIY, Andung Prihadi Santosa mengungkapkan arah pembangunan lima tahun ke depan masih dirumuskan oleh Pemerintah Pusat. Kendati demikian, kata dia, program-program tersebut sebenarnya juga merupakan akselerasi dari program yang sudah ada.

Advertisement

Menurut Andung dua aspek yang utama yang menjadi sorotan yaitu masalah pendidikan dan pelatihan vokasi, khususnya lulusan SMK agar dapat diterima dengan kebutuhan industri yang ada saat ini. Ke depan, mungkin akan dilakukan penyegaran kurikulum SMK yang menjadi lingkup Dinas Pendidikan.

Kemudian pelatihan baik siswa setelah lulus dari pendidikan, atau yang menjalani job training dari sekolah. “Sebenarnya sudah berjalankan itu, tapi belum maksimal,” ucap Andung, Minggu (7/7).

Andung mengungkapkan ke depan yang menjalani magang di perusahaan tersebut benar-benar ada pelajaran yang dapat diambil setelah lulus. Menurutnya, saat ini beberapa tempat magang belum dapat maksimal untuk membina.

“Nanti akan mentor dari perusahaan yang mendamping peserta yang magang. Kami bekerja sama dengan Kadin juga untuk melatih mentor itu terlebih dahulu. Agar nanti dapat mendampingi yang magang dengan baik,” ujarnya.

Pendidikan SMK menjadi sorotan lantaran selama ini lulusan sekolah kejuruan itu masih menyumbang angka pengangguran yang tinggi, baik di Pusat maupun daerah. Dengan segala upaya ini dan berbagai pembenahan diharapkan angka pengangguran dapat berkurang. “Sekarang kan ada yang enggak match dengan kebutuhan industri. Harapannya DIY dapat memulai program ini secara efektif, tahun depanlah,” katanya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY Johanes De Britto Priyono memaparkan  jumlah angkatan kerja di DIY pada Februari 2019 sebanyak 2,201 juta orang. Sejalan dengan naiknya jumlah angkatan kerja, tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) juga meningkat sebesar 0,95% poin dalam waktu setahun terakhir. Berdasarkan tingkat pendidikan pada Februari 2019,tingkat pengangguran terbuka (TPT) untuk Diploma I/II/III sebanyak 6,78%, disusul SMU 3,99%, kemudian SMK sebanyak 3,76%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement