PLN Bangun Kawasan Edupark di Turgo

PLN Bangun Kawasan Edupark di TurgoSeorang pekerja tengah membangun kawasan edupark di Dusun Turgo, Pakem, Sleman belum lama ini./ Ist. - PLN UIP JBT II
30 Juli 2019 06:27 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PLN melalui salah satu unit induknya yaitu PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II (PLN UIP JBT II) yang berkantor di Jalan Mangkubumi, Jogja, membantu masyarakat Dusun Turgo, Pakem, Sleman dalam membangun taman wisata edukasi.

Bantuan tersebut sebagai wujud tanggung jawab sosial PLN dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah kerjanya. Sebagai aplikasi dari BUMN Hadir Untuk Negeri, dengan Program PLN Peduli terus konsisten dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR) dan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL).

Bantuan kali ini merupakan upaya lanjutan dari PLN dalam membina warga dusun Turgo untuk meningkatkan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat di dusun tersebut.

Sebelumnya pada 2018, PLN telah menyerahkan bantuan kepada dua kelompok tani di Dusun Turgo untuk pembudidayaan jamur tiram. Dua kelompok tani tersebut adalah Kelompok Tani Jamur Tiram Daarus Selamat dan Kelompok Tani Turgo Makmur Lestari.

Masyarakat dusun Turgo memilih membudidayakan jamur tiram karena kondisi lingkungan yang menunjang serta perawatannya yang dirasa relatif lebih mudah. Faktor besarnya potensi permintaan pasar terhadap jamur tiram turut menambah optimisme warga dusun Turgo dalam menjalankan budi daya jamur tiram.

Setahun berjalan, budi daya jamur tiram berjalan dan berkembang baik. Selain budi daya jamur tiram, di Dusun Turgo juga terdapat spot-spot khusus tanaman dan hewan ternak yang memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut.

“Melalui survei lanjutan yang telah kami laksanakan, kami mengidentifikasi kawasan ini memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kawasan taman wisata edukasi. Ini sangat baik apabila terdapat sinergi antara PLN dengan warga dusun Turgo karena ini bisa meningkatkan perekonomian warga di sini juga,” kata General Manager PLN UIP JBT II, Eko Priyantono, melalui siaran pers, Senin (29/7).

 

Pembangunan Edupark

Survei dilakukan untuk menentukan tindak lanjut yang diperlukan dalam pengembangan dan pembinaan terhadap bantuan yang telah diberikan PLN sebelumnya. Melalui kerja sama antara PLN dengan Dusun Turgo, rencana pembangunan edupark yang akan dibangun terdiri dari budi daya jamur tiram, lidah buaya, stroberi, rumah pembibitan dan taman bunga, kandang ternak ayam, dan cacing merah.

Diharapkan edupark Turgo ini bisa dijadikan salah satu alternatif destinasi wisata dan kegiatan outing untuk anak-anak sekolah maupun dewasa untuk berwisata, mengenal dan melihat langsung bagiamana proses budidaya jamur, dan lainya. Dalam edupark ini juga, nantinya akan dibangun kios-kios yang akan digunakan untuk memasarkan hasil pengolahan hasil budidaya yang sudah dijalankan.

Diharapkan Agustus nanti area depan sudah bisa dibuka untuk umum. Diharapkan oleh masyarakat mendapat pemasukan untuk penyelesaian pembangunan kawasan wisata edukasi ini.

Ketua kelompok tani Daarus Selamat, Subagyo, mengungkapkan melalui pembinaan yang terus diberikan PLN dan juga koordinasi yang baik diharapkan kawasan wisata ini dapat selesai tepat waktu pada November 2019 sehingga mampu menggerakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Dusun Turgo.