PRESIDEN DIREKTUR PT AVRIST ASSURANCE : Terapkan Nilai-nilai Perusahaan

PRESIDEN DIREKTUR PT AVRIST ASSURANCE : Terapkan Nilai-nilai PerusahaanPresiden Direktur PT Avrist Assurance, Anna Leonita/ Ist. - Avrist Assurance
20 Agustus 2019 10:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Mendorong semua karyawan menerapkan nila-nilai perusahaan dalam melakukan pekerjaan nya sehari-hari dan memberikan pelayanan prima/service excellence bagi para nasabah dan rekanan bisnis, menjadi kunci sukses yang coba diterapkan oleh Presiden Direktur PT Avrist Assurance, Anna Leonita.

Anna menceritakan awal memulai karier di industri asuransi 20 tahun yang lalu bersama Avrist. Pada saat itu posisi yang ditawarkan adalah di Departemen Investasi, yaitu pengelolahan investasi seluruh premi pemegang polis di Avrist.

Investasi di pasar uang dan pasar obligasi sejak dulu merupakan passion-nya. Berangkat dari ketertarikan Anna di bidang investasi tersebut, ia menemukan pengelolaan investasi di perusahaan asuransi ternyata memiliki tantangan tersendiri.

Menurutnya, asuransi merupakan bisnis dalam tanda kutip menjual janji untuk memberikan perlindungan, dan berbasis kepercayaan, pengelolaan investasi di perusahaan asuransi menjadi suatu keunikan sendiri dan perlunya pemahaman khusus terhadap produk asuransi sedemikian rupa sehingga perusahaan dapat senantiasa memenuhi kewajibannya kepada para pemegang polis pada saat polis jatuh tempo di masa mendatang.

Saat disinggung suka duka selama berkarier, ia percaya jika menjadikan pekerjaan sebagai amanah dan memiliki passion pada bidang yang digeluti, maka bisa menikmati pekerjaan tersebut dan merasa  tantangan yang dihadapi merupakan kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi.

“Menjadi Presiden Direktur di perusahaan ini merupakan tantangan terbesar dalam karier saya. Namun saya melihat tantangan ini sebenarnya merupakan kesempatan baik untuk keluar dari comfort zone saya, yaitu bidang investasi, dan saya harus sesegera mungkin menyesuaikan diri,” ujar perempuan yang pernah mengenyam pendidikan di Cleaveland State University di Ohio, Amerika Serikat itu.

Sebagai Presiden Direktur, ia mengaku harus memberikan arahan strategis agar bisa mencapai target yang sudah ditetapkan. Untuk itu, langkah utama yang harus diambil adalah menetapkan suatu arahan yang jelas dan dimengerti oleh seluruh karyawan.

Ia harus bisa melihat perusahaan dari berbagai arah, menjembatani kepentingan berbagai pihak, dan menyinkronkan target-target masing-masing pihak di perusahaan untuk akhirnya mencapai satu tujuan yang sama yaitu memajukan perusahaan dan mewujudkan misi perusahaan. Untuk itu, ia senantiasa memastikan terjalinnya komunikasi yang baik dengan para pemangku kepentingan, rekan-rekan direktur, dan karyawan.

“Kunci kesuksesan bagi suatu perusahaan asuransi adalah bagaimana perusahaan bisa membuat semua karyawan menerapkan nila-nilai perusahaan dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari dan dalam memberikan pelayanan prima/service excellence bagi para nasabah dan rekanan bisnis. Usaha asuransi jiwa sangat bergantung kepada kepercayaan dan loyalitas nasabahnya,” ujarnya. 

Empat Nilai

Untuk mewujudkan pelayanan prima bagi nasabah, Anna mengatakan Avrist memiliki empat nilai yang bagus sekali untuk dapat dijadikan pegangan bagi seluruh karyawannya termasuk dirinya sendiri dalam menjalankan pekerjaan masing-masing, yaitu professional, people-focused, agile dan forward thinking.

Diungkapkannya, Avrist mencoba berinovasi. Selain dari menawarkan produk asuransi yang sesuai kebutuhan masyarakat, Avrist selalu bersikeras untuk mencari upaya agar dapat meningkatkan penetrasi asuransi di Indoensia dan menjalankan komitmenya untuk memberikan satu polis di setiap rumah tangga di Indonesia.

Untuk dapat menarik perhatian nasabah, khususnya nasabah generasi milenial, pihaknya menggunakan media sosial, seperti account Instragram @avristsolution, menjadi media untuk berkomunikasi/ engage dengan nasabah secara digital. Di situ, tidak hard selling, tetapi lebih kepada memberikan tip keuangan kepada para followers kami serta kegiatan seru yang dapat meningkatkan engagement dengan para followers.

Pihaknya terus berupaya untuk melakukan kegiatan customer centric, salah satunya adalah dengan berpartisipasi di ajang bertarf internasional dan digemari oleh masyarakat. Partisipasi Avrist Assurance pada ajang-ajang tersebut sejalan dengan misinya untuk melindungi memberikan perlindungan jiwa kepada setiap individu agar mereka dapat merasakan aman dan nyaman saat mengejar aspirasi dalahm hidupnya. 

Keluarga dan Berwisata

Di waktu senggang Anna, banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu ia sangat menyukai travelling. Bila berpergian bersama keluarga, tentu akan ke tempat yang digemari oleh anak-anak, seperti tempat hiburan dan bermain anak-anak. Namun, bila berwisata sendiri dengan teman-teman, ia mengaku lebih tertarik untuk pergi ke negara yang memiliki tempat-tempat bersejarah dan tempat wisata alam seperti pegunungan dan pantai.

“Awalnya saya menyukai travelling karena ini merupakan waktu saya mengambil me time setelah sibuk berhari-hari kerja di kantor. It’s a time for me to refresh myself. Namun akhirnya saya makin menyukai hobi saya ini karena travelling sebenarnya membuat saya lebih cepat beradaptasi dengan perubahan keadaan dan lingkungan baru,” katanya.

Anna mengungkapkan dengan berjalan-jalan, ia bisa bertemu dengan orang-orang dengan tradisi, cara hidup dan cara pandang berbeda. Hal ini membuatnya cenderung bisa berpikir lebih terbuka dan memahami setiap perbedaan.