Advertisement

Dana & JNE Dukung Akselerasi Ekonomi Digital Indonesia

Kusnul Isti Qomah
Kamis, 17 Oktober 2019 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Dana & JNE Dukung Akselerasi Ekonomi Digital Indonesia Dari kiri, Presiden Direktur JNE M. Feriadi dan CEO Dana Vincent Iswara berfoto bersama belum lama ini. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Dana, dompet digital dari, oleh, dan untuk Indonesia, makin menegaskan keandalan teknologinya sebagai infrastruktur transaksi digital bagi setiap pelaku kegiatan ekonomi di Indonesia. Kali ini, Dana kembali memperkaya kapabilitasnya dan mengumumkan kemitraan strategis yang dibangun bersama penyedia jasa layanan logistik terkemuka yang memiliki jangkauan layanan luas di Indonesia, JNE.

Vincent Iswara, CEO dan salah satu founder Dana mengatakan kemitraan dengan JNE menjadikan Dana sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan infrastruktur pembayaran digital mampu secara konsisten menghadirkan pengalaman-pengalaman bertransaksi digital yang kian beragam kepada masyarakat luas. Ini selaras dengan keseriusan Dana membangun kepercayaan masyarakat terhadap keunggulan dan keamanan bertransaksi nontunai dan nonkartu secara digital, melalui fitur-fitur pada dompet digital Dana yang terus dikembangkan kapabilitasnya.

Advertisement

“Selain menghadirkan proses transaksi yang makin mudah, praktis, dan terjamin keamanannya, kemitraan Dana dengan JNE sebagai penyedia jasa layanan logistik dengan jangkauan layanan yang luas juga membuka peluang untuk terus meningkatkan kontribusi kami dalam mendukung laju pertumbuhan perekonomian nasional yang kian bertumpu pada ekonomi digital,” ujar Vincent dalam rilisnya, Kamis (17/10/2019).

Kolaborasi ini juga memiliki relevansi yang tinggi apabila mengacu kepada survei yang dilakukan Dana tentang tingginya penggunaan dompet digital untuk mendukung transaksi di platform dagang elektronik (dagang-el) serta keberadaan logistik sebagai mata rantai yang kritis dalam mendukung layanan dagang-el.

M Feriadi, Presiden Direktur JNE, mengatakan kolaborasi JNE dengan DANA, menghasilkan fasilitas pembayaran nontunai bagi semua pelanggan setia JNE di seluruh Nusantara. Manfaat dan kemudahan yang dihadirkan dengan sistem pembayaran ini, akan mempercepat proses transaksi dalam aktivitas pengiriman paket dan jual–beli daring. "Hal itu akan mendorong perkembangan e-commerce karena mendukung bisnis para pelaku usaha, terutama UKM," kata dia.

Feriadi menambahan JNE yang berperan sebagai pilar Logistik dalam ekosistem dagang-el, berkomitmen untuk terus berinovasi. Kapabilitas yang terus ditingkatkan, terutama dalam bidang teknologi informasi (TI) dan infrastruktur, memungkinkan JNE menunjang mau pun bekerja sama dengan pihak–pihak dalam dua pilar lainnya, yaitu teknologi finansial (tekfin) dan platform daring.

 

Hasil Survei

Dalam survei yang dilakukan Dana pada Mei-Juli 2019 di empat kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, Bandung dan Jogja ditemukan mayoritas responden sudah menggunakan dompet digital dan sudah pernah berbelanja di dagang-el. Dari survei tentang penggunaan dompet digital yang dilakukan terhadap 757 orang responden di keempat kota tersebut, jumlah pengguna dompet digital terbesar terdapat di Bandung (69,4%), diikuti Jakarta (65,9%), Jogja (63,8%) dan Surabaya (37,5%). Sementara dari 1.046 orang responden, jumlah pengguna layanan dagang-el terbesar ada di Bandung (85,9%), diikuti Jakarta (82,8%), Yogyakarta (81,3%), dan Surabaya (76,9%). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Duh, Desentralisasi Sampah DIY Mundur Lagi Menjadi Mei 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement