BI Tumbuhkan Startup Berinovasi Tinggi

BI Tumbuhkan Startup Berinovasi TinggiDeputi Perwakilan Bank Indonesia DIY Miyono ketika memberikan sambutan dalam pembukaan Startup Weekend Yogyakarta 2020 di PI Office Keraton, Jogja, Jumat (28/2)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
29 Februari 2020 08:22 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama dengan PI Office Yogyakarta, Kumpul, dan Techstar menggelar kegiatan Startup Weekend Yogyakarta 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan startup untuk memiliki inovasi yang tinggi.

Deputi Perwakilan Bank Indonesia DIY Miyono menyebutkan kegiatan ini  digelar bekerja sama dengan Google for Startups dan didukung oleh Kementerian Kominfo dan Pemerintah DIY. "Kegiatan ini bertujuan mendorong lebih banyak lagi wirausaha muda di bidang teknologi di DIY dan memberikan pengalaman kepada peserta bagai membangun sebuah perusahaan digital yang dimulai dari membentuk tim, brainstorming, pitching idea hingga presentasi di depan calon investor," kata dia dalam pembukaan Startup Weekend Yogyakarta 2020 di PI Office Keraton, Jogja, Jumat (28/2).

Ia menyebutkan dalam setiap proses tersebut para startup enthusiast akan didampingi mentor berpengalaman yang memberikan ilmu dan pengetahuan terkait pengembangan perusahaan dan penetrasi pasar (one-on-one time with amazing mentors). Startup Weekend Yogyakarta 2020 kali ini akan berlangsung selama tiga hari (week end), dimulai sejak Jumat sore, 28 Februari dan berakhir pada Minggu, 1 Maret 2020.

Event ini akan dihadiri mentor dari Buka Lapak, Google Development Expert, Apple Academy, Pelatih Indonesia, Traveloka, Amikom, Tani Hub  dan masih banyak lagi. Selama 54 jam, peserta akan mempelajari cara idea validation, market research, customer validation hingga product launch. Kemudian, hasilnya dipresentasikan dihadapan juri-juri dari Kemenkominfo, Telkom, Bank Indonesia dan salah satu perusahaan startup.

Pada momen berkumpulnya para milenial DIY dan daerah lainnya serta pegiiat ekonomi digital lokal dan nasional, akan dimanfaatkan oleh Bank Indonesia untuk sosialisasi QR Code Indonesian Standard (QRIS). Kegiatan ini merupakan kontribusi nyata Bank Indonesia DIY untuk mendukung perkembangan ekonomi digital DIY.

Ekonomi digital berpotensi besar menjadi motor baru pertumbuhan ekonomi di DIY. Banyak potensi yang dimiliki DIY, keberadaan universitas-universitas ternama di DIY melahirkan SDM yang kompeten, perkembangan ekonomi kreatif, tingginya jumlah pelaku UMKM, destinasi wisata prioritas Indonesia, serta warisan budaya yang kaya.

"Kegiatan Startup Weekend di DIY diharapkan dapat melahirkan embrio-embrio wirausahawan baru dibidang teknologi perusahaan, menciptakan lapangan kerja baru dan mendorong perkembangan ekonomi digital di Yogyakarta," kata dia.