Advertisement

OJK Amati Efek Corona pada Industri Pembiayaan, Termasuk pada Sektor Pariwisata

Newswire
Jum'at, 13 Maret 2020 - 09:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
OJK Amati Efek Corona pada Industri Pembiayaan, Termasuk pada Sektor Pariwisata Karyawan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beraktivitas di ruang layanan Konsumen, Kantor OJK, Jakarta, Senin (23/10). - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih mengamati dampak wabah Covid-19 terhadap kinerja industri pembiayaan di Tanah Air. Seluruh sektor menjadi fokus OJK, termasuk industri pariwisata. 

"Kami sedang mengamati dan memonitor dampaknya ke sektor produktif yang dibiayai. Sejauh yang kami amati, yang paling terkena dampak ini sebenarnya sektor produktif. Kalau perbankan itu mostly kreditnya produktif, kalau perusahaan pembiayaan mostly consumer financing," kata Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 2B Bambang W Budiawan saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/3).

Advertisement

Menurut Bambang, komposisi pembiayaan terhadap sektor produktif di industri pembiayaan saat ini hanya 28%-30%, sedangkan sisanya 70%-72% merupakan pembiayaan ke sektor konsumtif. Seiring merebaknya kasus Covid-19, lanjut Bambang, OJK terus memantau atas dampak Covid -19 pada pertumbuhan piutang pembiayaan pada triwulan pertama.

Apabila dampak ini berkelanjutan, tentu saja hal tersebut dapat mengakibatkan adanya koreksi pertumbuhan piutang pembiayaan khususnya di bidang pariwisata. Dampak Covid -19 dinilai sangat bergantung pada seberapa cepat dan luas penyebaran virus Corona serta seberapa cepat penanganannya oleh petugas kesehatan di lapangan. “Dengan melihat aksi konkret pemerintah dalam menyiapkan dan melaksanakan protokol penanganan virus Corona, kami optimistis pembiayaan pariwisata masih ada potensi tumbuh terutama untuk destinasi wisata yang masih banyak dikunjungi wisatawan lokal," ujar Bambang.

OJK menyebutkan pembiayaan yang diberikan oleh perusahaan pembiayaan kepada debitur sebagian besar untuk kendaraan bermotor untuk kegiatan produktif maupun konsumtif, termasuk alat berat, mesin-mesin produksi dan barang produktif maupun konsumtif lainnya.

 

Sektor Pariwisata

Perekonomian Indonesia dinilai cukup stabil selama 2015-2019 dengan tingkat pertumbuhan Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan (CAGR) sebesar 5%. Sektor pariwisata berkontribusi 4,8% dari total GDP nasional dengan CAGR 9%, yang didukung dari ketersediaan transportasi ke destinasi pariwisata, peningkatan turis asing, peningkatan investasi pada 10 destinasi wisata prioritas yang telah ditetapkan pemerintah.

Pembatasan jalur transportasi dan akses pariwisata dengan China oleh beberapa negara yang terkena dampak Covid -19, akan menekan sektor pariwisata karena adanya travel warning dan penurunan minat para pelaku wisata. "Hal tersebut akan cukup berdampak pada debitur di sektor pariwisata yang memiliki usaha menyediakan moda transportasi dengan sumber pendanaan dari perusahaan pembiayaan," kata Bambang.

Namun, porsi pembiayaan untuk kendaraan yang mendukung kegiatan pariwisata tidak terlalu signifikan dari total portofolio industri pembiayaan. Baki debet (outstanding) piutang pembiayaan pariwisata untuk Januari 2020 adalah sebesar Rp12,1 triliun atau menurun sebesar 0,77% dari piutang pembiayaan pariwisata Desember 2019 sebesar Rp12,2 triliun.

Selanjutnya, penyaluran piutang pembiayaan pariwisata pada Januari 2020 adalah sebesar Rp668,86 miliar atau lebih rendah dibandingkan posisi Januari 2019 sebesar Rp767,65 miliar.

Berdasarkan hasil pengawasan OJK, penurunan piutang pembiayaan pariwisata banyak terjadi di daerah pariwisata seperti Bali, Batam, Manado dan Jogja. "Selain potensi dampak terhadap penurunan penyaluran, perlambatan ekonomi akibat virus Corona juga berpotensi meningkatkan rasio NPF atau non-performing finance di industri pembiayaan," ujar Bambang.

Debitur dari perusahaan pembiayaan yang memiliki rantai pasok bisnis dari pemasok di China juga berpotensi mengalami perlambatan bisnis. Jika diperlukan, maka OJK dapat mengambil langkah-langkah stimulus untuk menjaga pertumbuhan, kualitas portofolio pembiayaan atau kestabilan industri pembiayaan, sebagaimana dilakukan juga oleh beberapa negara yang terdampak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement