Advertisement

Virus Corona Meluas, Kemendag Pastikan Stok Pangan Aman untuk Beberapa Bulan

Annisa Margrit
Jum'at, 13 Maret 2020 - 14:47 WIB
Nina Atmasari
Virus Corona Meluas, Kemendag Pastikan Stok Pangan Aman untuk Beberapa Bulan Menteri Keuangan Sri Mulyani (ketiga kiri) bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kiri), Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri), Ketua OJK Wimboh Santoso (kedua kanan), dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (kanan) memberikan keterangan terkait Stimulus Kedua Penanganan Dampak Covid-19 di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/3/2020). - ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Kasus virus Corona semakin meluas di seluruh dunia, termasuk di dalam negeri. Kementerian Perdagangan memastikan stok komoditas pangan akan aman selama beberapa bulan ke depan, di tengah meluasnya penyebaran virus corona.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan saat ini, stok beras masih sebanyak 3,5 juta ton dan akan cukup sampai Agustus 2020. Ketersediaan beras diyakini bakal bertambah karena akan diperkirakan ada tambahan produksi sebanyak 22 juta ton.

Advertisement

Sementara itu, jagung diperkirakan akan ada tambahan 13 juta ton ke pasar. Bawang putih juga akan mendapat penambahan pasokan sebanyak 300 ton, yang mulai masuk dalam beberapa hari ke depan.

"Cabai merah yang diketahui akan mulai panen akhir Maret sampai Mei. Kemudian, berkaitan dengan gula, saat ini stok di distributor sekitar 159.00 ton. Memang kenaikan harga ini sedang kami turunkan [dengan] menurunkan satgas ke gudang-gudang," paparnya dalam konferensi pers terkait stimulus virus corona yang ditayangkan langsung di TV One, di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Untuk daging, lanjut Agus, stok yang tersedia sebanyak 14.000 ton dan bakal ditambah, terutama daging kerbau, sebanyak 170.000 ton. Kemudian, minyak goreng sebanyak 8,2 juta ton.

Selanjutnya, bawang bombay sebanyak 2.350 ton akan dikeluarkan dan bertambah sekitar 14.000 ton dalam waktu dekat serta bertahap hingga April 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement