Advertisement

Tak Perlu ke Stasiun, Batalkan Tiket KA Lewat KAI Acces Saja!

Newswire
Kamis, 30 April 2020 - 16:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tak Perlu ke Stasiun, Batalkan Tiket KA Lewat KAI Acces Saja! Foto ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta meminta masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi KAI Access untuk melakukan pembatalan tiket secara daring sehingga bisa tetap berada di rumah dan tidak perlu datang ke stasiun.

“Pelanggan yang hendak membatalkan tiket lebih baik menggunakan cara online melalui KAI Access daripada datang ke stasiun meskipun pelayanan secara langsung di stasiun tetap dilayani,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Kamis (30/4/2020). 

Advertisement

Menurut Eko, dengan melakukan pembatalan tiket secara daring maka pelanggan bisa tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk berada di rumah sekaligus menjaga protokol pencegahan penularan Covid-19 yaitu physical distancing sehingga tidak berpotensi tertular.

Eko menambahkan, proses pengembalian biaya pembelian tiket secara online pun dipercepat, yang semula diberikan paling lambat 45 hari ke rekening pelanggan, kini menjadi tiga hari kerja sejak dilakukan pembatalan. Biaya pengembalian tiket pun tetap diberikan 100 persen.

Penumpang yang belum memiliki aplikasi KAI Access bisa mengunduhnya melalui telepon selular atau memutakhirkan aplikasi ke versi terbaru bagi pelanggan yang sudah memiliki aplikasi tersebut.

Pada saat registrasi, penumpang harus mendaftarkan nama dan nomor identitas sesuai dengan data pada tiket. Pada menu pembatalan dimasukkan nomor rekening yang memiliki nama sesuai dengan nama penumpang.

Eko berharap, kebijakan percepatan pengembalian uang pembatalan tiket akan semakin membantu masyarakat yang saat ini membutuhkan dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan di tengah pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan kebijakan ini bermanfaat bagi masyarakat yang telah menunda perjalanan mudik untuk mencegah penyebaran virus corona,” katanya.

Pembatalan tiket dilakukan karena perjalanan kereta jarak jauh di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta dibatalkan hingga 31 Mei, baik kereta tujuan ke arah barat seperti Jakarta dan Bandung serta kereta ke arah timur seperti Surabaya, Malang dan Ketapang.

Pembatalan tiket dengan proses yang lebih cepat melalui KAI Access tersebut berlaku mulai 30 April hingga 4 Juni untuk keberangkatan kereta pada masa Angkutan Lebaran yaitu 14 Mei hingga 4 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Selama Libur Lebaran, Dishub Bantul Bakal Tempatkan Petugas Jaga di Sejumlah Jalur Tengkorak

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement