Advertisement

14.000 Tiket KA Mei Dibatalkan di Daop 6

Kusnul Isti Qomah
Sabtu, 02 Mei 2020 - 09:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
14.000 Tiket KA Mei Dibatalkan di Daop 6 Kepala Daop 6 Eko Purwanto (kiri) secara simbolis bantuan bahan pangan pada warga sekitar Stasiun Besar Jogja di halaman selatan stasiun, Jogja, Kamis (30/4)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 resmi memperpanjang pembatalan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh arah Barat (Jakarta/Bandung) maupun arah Timur (Surabaya/Malang/Ketapang) untuk mudik Lebaran sampai dengan 31 Mei 2020. Pembatalan tiket di Daop 6 untuk Mei yang sudah dilakukan sebanyak 14.000 tiket.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan untuk April pembatalan tiket yang dilakukan di Daop 6 lebih dari 28.000 tiket. "Kalau untuk Mei sudah sekitar 14.000 tiket," kata dia ketika ditemui di Depo Lokomotif Yogyakarta, Jogja, Kamis (30/4).

Advertisement

Eko menjelaskan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang KA yang akan membatalkan tiket mudik perjalanan KAnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mempercepat pengembalian uang pembatalan tiket via KAI Access menjadi setelah tiga hari kerja sejak dilakukan pembatalan. Sebelumnya, jika penumpang membatalkan melalui KAI Access, KAI akan mengembalikan 100% uang pembatalan tiket secara transfer paling lambat setelah 45 hari.

"Dengan adanya pembatalan sejumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh di wilayah Daop 6, kami mengimbau kepada masyarakat yang ingin membatalkan tiketnya agar menggunakan aplikasi KAI Access untuk mendukung physical distancing dan mempermudah proses pembatalan," kata dia.

Eko menjelaskan ketentuan tersebut berlaku untuk pembatalan mulai 30 April sampai dengan 4 Juni 2020, untuk keberangkatan KA masa Angkutan Lebaran 2020 yaitu mulai 14 Mei sampai dengan 4 Juni 2020. Menurutnya, layanan ini diberikan bagi pelanggan agar beralih ke pembatalan secara online daripada harus ke stasiun.

"Meskipun di stasiun tetap dapat menerima proses pembatalan tiket, kami mengimbau agar masyarakat beralih ke layanan pembatalan online melalui aplikasi KAI Access. Tujuannya mendukung physical distancing dengan tidak bepergian ke stasiun," jelas dia.

Penumpang diharuskan mengunduh atau memperbarui aplikasi KAI Access-nya menjadi versi terbaru terlebih dahulu. Pada saat registrasi, penumpang harus mendaftarkan nama dan nomor identitas yang sesuai dengan data pada tiket. Pada menu pembatalan, masukkan juga nomor rekening yang memiliki nama sesuai dengan nama penumpang pada tiket.

Eko berharap dengan kebijakan percepatan pengembalian uang pembatalan tiket ini, dapat mempermudah masyarakat yang ingin membatalkan tiket, serta membantu masyarakat yang membutuhkan dananya kembali secara tunai dan cepat. “Semoga kebijakan ini bermanfaat bagi masyarakat yang telah menunda perjalanan mudiknya dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 pada masa Mudik Angkutan Lebaran 2020,” ujar Eko.

 

Paket Bahan Pangan

Pada waktu yang sama yakni Kamis (30/4) PT KAI Daop 6 juga membagikan 700 paket bahan pangan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 antara lain pengemudi becak, ojek, juru parkir, dan lainnya. Bantuan secara simbolis diserahkan Kepala Daerah Operasi 6 Eko Purwanto di halaman selatan Stasiun Besar Jogja.

Eko Purwanto mengataman bantuan bahan pangan ini semata-mata sebagai wujud rasa empati kepada masyarakat  terdampak Covid-19. "Kami berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan masyarakat yang karena ada pandemi Covid-19 tidak sapat mencari nafkah dan tidak memiliki penghasilan. Kegiatan ini sekaligus sebagai amal di bulan suci Ramadan," kata dia kepada wartawan.

Ia mengungkapkan bantuan sengaja disampaikan secara simbolis untuk mendukung physical distancing dan agar tidak terjadi kerumunan. "Untuk selanjutnya paket bahan pangan akan disampaikan melalui RT RW setempat bagi masyarakat terdampak Covid -19," terang dia.

Bantuan tersebut dibagi dalam dua tempat yakni di Stasiun Besar Yogyakarta dan Stasiun Balapan Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KAI Wisata Layani 45.813 Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement