Advertisement

Asyik, Harga Gula Pasir Beranjak Turun Dekati HET

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 17 Mei 2020 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Asyik, Harga Gula Pasir Beranjak Turun Dekati HET Ilustrasi. - Solopos/Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Harga gula pasir berangsur turun dan kian mendekati harga eceran tertinggi (HET). Hal itu disinyalir lantaran operasi pasar (OP) yang digelar pemerintah selama kurun tiga pekan terakhir.

“Sudah berangsur turun harga gula pasir saat ini. OP di kabupaten/kota di DIY kami lakukan. Mudah-mudahan nanti masuk Juni sudah di bawah HET, di bawah Rp12.500 per kilogram,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yanto Aprianto, Jumat (15/5/2020).

Advertisement

Berdasarkan pantauan harga Disperindag DIY, Jumat (15/5), harga gula pasir saat sekitar Rp15.300 per kilogram. Harga tersebut, kata dia, sudah turun cukup signifikan pada pertengahan April sebelum digelarnya OP atau sebelum stok gula pasir masuk DIY. “Saat itu harga bahkan sampai menyentuh Rp18.300 per kilogram.

Yanto mengatakan dalam OP yang dilakukan, harga jual gula pasir dipatok sebesar Rp12.500 per kilogram. Dia juga mengatakan untuk ritel toko modern juga telah mulai dipasok dengan stok gula yang ada, sehingga diharapkan harga di pasaran semakin turun.

“Impor juga sudah masuk lagi, tetapi masih di pelabuhan. Permasalahannya kan kebutuhan gula ini berbarengan berbagai daerah, sehingga perlu dibagi. Kemudian untuk angkutan juga mengantre,” kata Yanto.

Sebelumnya, pada Kamis (14/5/2020), Kepala Bulog Divre DIY, Juaheni mengatakan stok Gula Pasir saat ini mencukupi. Distribusi ke Rumah Pangan Kita (RPK) sebagai mitra Bulog pun berlancar lancar. “Masih sangat cukup, stok 346 ton,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement