Tak Untung, Perusahaan Bisa Jadi Zombie Companies

Tak Untung, Perusahaan Bisa Jadi Zombie Companies Chatib Basri / Antara
31 Agustus 2020 17:27 WIB Hadijah Alaydrus Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Pada masa pandemi Covid-19 banyak perusahaan menahan diri untuk pengembangan, sebagian yang lain hanya bertahan tidak untung agar tidak tutup dan merugikan banyak karyawan. Kondisi ini memicu status perusahaan-perusahaan itu sebagai Zombie Companies.

Mantan menteri keuangan yang kini menjabat sebagai komisaris utama PT Bank Mandiri Tbk. menilai sektor korporasi di Tanah Air masih dapat bertahan sekalipun roda ekonomi beroperasi tidak maksimal.

Ekonom Chatib Basri mengungkapkan jika ekonomi hanya beroperasi 50 persen, maka banyak sektor di dalam negeri yang tidak bisa mencapai break even point.

Kendati demikian, dia melihat perusahaan masih bisa tetap bertahan selama mereka masih bisa membayar biaya variable seperti gaji dan lainnya. "Tapi tak untung. Perusahaan bisa jadi zombie companies," ungkap Chatib dalam akun Twitter resmi miliknya, Minggu (30/8/2020).

Menurutnya ada empat hal yang membuat ekonomi dalam negeri tidak dapat berjalan maksimal. Pertama, daya beli yang lemah. Kedua, perilaku kelas menengah atas yang berhati-hati karena kesehatan.

Ketiga, perubahan perilaku atau belanja online dan sebagainya. Terakhir, protokol kesehatan membuat ekonomi tidak bisa beroperasi 100 persen.

"Akibatnya skala ekonomi tak tercapai," tulis Chatib.

Sumber : Antara