Advertisement

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Jogja Naik

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 14 November 2020 - 03:17 WIB
Nina Atmasari
Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Jogja Naik Pedagang sembako di Pasar Gentan, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, menunggui dagangannya, Minggu (22/7 - 2018).Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Telur, ayam broiler, dan cabai merah mengalami kenaikan harga di Jogja. Kenaikan terus dinilai karena permintaan yang meningkat, dan panen yang belum merata.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yanto Aprianto mengatakan sejumlah komoditi terjadi kenaikan, namun kenaikan tersebut masih di bawah harga acuan pemerintah.

Advertisement

"Seperti telur ayam broiler, daging ayam ini karena permintaan pasar. Untuk cabai saat ini memasuki masa panen, namun belum merata sehingga harga lelang di kelompok petani Kulonprogo saat ini menjual dengan harga harga cukup bagus," ucap Yanto, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: Jumlah Pengungsi Merapi Naik, Pagi Pulang & Sore Balik ke Barak

Adapun untuk harga telur ayam berada pada kisaran Rp23.500/kg. Kemudian daging ayam broiler Rp33.600/kg. Kemudian untuk cabai merah keriting dari Rp26.000/kg. Cabai merah besar atau TM dari Rp32.600/kg.

Yanto mengatakan kenaikan harga memang tidak lepas karena permintaan pasar, dimana masyarakat telah tereduksi dengan pranatan anyar sehingga aktivitas atau kegiatan masyarakat mulai menunjukan peningkatan. Sehingga berpengaruh juga terhadap harga kebutuhan pokok. "Semoga ini menuju ke pemulihan ekonomi," ucapnya.

Sedangkan gula pasir sebenarnya harga masih sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp12.500, namun demikian sempat harga gula turun di bawah HET. "Meski demikian secara umum ketersediaan stok masih cukup dan harga relatif stabil walaupun terjadi fluktuasi harga," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement