Advertisement

Industri Podcast Kian Melejit Tahun Ini

Akbar Evandio
Sabtu, 02 Januari 2021 - 02:27 WIB
Arief Junianto
Industri Podcast Kian Melejit Tahun Ini Spotify. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Pertumbuhan pendengar siniar (podcast) di Indonesia diprediksi makin melejit sepanjang 2021.

Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Yosi Mokalu mengatakan bahwa pada kuartal IV/2020 ada lebih dari 2.000 podcaster baru yang lahir dari program Kelas Podcast Siberkreasi.

Advertisement

“Bila merujuk pada hasil pendataan Spotify, yang mana Indonesia masuk 5 negara pengguna Anchor terbanyak, maka besar kemungkinan akan ada kenaikan jumlah podcaster pada 2021,” katanya saat dihubungi Bisnis, Jumat (1/1/2021).

Lebih lanjut, Yosi menjelaskan bahwa akan ada perubahan segmentasi pada 2021, yang mana para pemain podcast dan pengembang kelas siniar yang menyasar ke berbagai segmen profesional seperti pengajar dan usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selain itu, jika melihat tren 2020 yang mana konten dengan elemen horor, komedi, obrolan mendominasi genre yang diminati pendengar maka besar kemungkinan konten serupa dan konten dengan tujuan khusus (monolog) besar kemungkinan masih memiliki tempat bagi pendengar pada 2021.

“Masih memiliki tempat di hati pendengar, tetapi tentu dengan penyegaran format dan kemasan ke depan,” ujarnya.

Yosi pun menilai bahwa gejolak yang tumbuh dalam industri ini tidak terlepas dari tantangan, yakni bagaimana menjaring pendengar, bukan membagi pendengar. “Tantangan lain adalah bagaimana menjadikan podcast bukan sekadar platform distribusi informasi tapi juga menghidupi kreatornya,” katanya.

Dia mengatakan pada 2021 strategi yang akan dipilih dari pemerintah, khususnya Siberkreasi akan lebih banyak pelatihan yang bertujuan memaksimalkan kualitas konten dari kreator.

“Di sisi lain juga akan terus berupaya mematangkan kemampuan kreator dalam berkreasi digital dengan banyak kelas komprehensif sesuai ketertarikan kreator dan kebutuhan pasar,” ujar Yosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement