Advertisement

Tetap Jadi Andalan Transportasi Selama Pandemi, Gojek Hadirkan Banyak Inovasi di 2021

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 21 Januari 2021 - 15:47 WIB
Nina Atmasari
Tetap Jadi Andalan Transportasi Selama Pandemi, Gojek Hadirkan Banyak Inovasi di 2021 Gojek semakin mantap menghadirkan berbagai inovasi di 2021. - Ist/dok Gojek

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Gojek semakin mantap menghadirkan berbagai inovasi pada layanan transportasi onlinenya agar tetap menjadi andalan masyarakat memasuki 2021.

“Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai inovasi baru untuk mendukung produktivitas sekaligus mengurangi kecemasan masyarakat yang masih harus hidup berdampingan dengan pandemi. Proses adaptasi terhadap situasi pandemi yang telah kami lakukan secara responsif dan komprehensif selama hampir satu tahun ini juga akan kami lanjutkan di tahun 2021,” kata Chief Transport Officer Gojek Group, Raditya Wibowo, Kamis (14/1/2021).

Advertisement

Di awal 2021, Gojek akan memperkenalkan inovasi terbaru berupa fitur untuk menjadwalkan pesanan layanan transportasi dan fitur lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna seperti kebutuhan bisnis atau yang lainnya. Ragam inovasi teknologi dalam bentuk fitur dan layanan baru tersebut akan mendukung masyarakat yang terpaksa beraktivitas di luar rumah agar dapat bepergian dengan lebih cepat, aman, dan nyaman.

Baca juga: Capai 43 Triliun, Investasi BPJS Ketenagakerjaan Diduga Bermasalah

Sementara itu, ragam inovasi lainnya, baik dalam bentuk teknologi maupun non-teknologi, yang telah Gojek sediakan di 2020 dan akan terus dikembangkan di tahun 2021 di antaranya, GoCorp solusi layanan perjalanan bisnis yang aman dan nyaman dengan biaya yang rasional.

Mengacu pada tren 2020 dimana perkantoran masih menjadi salah satu destinasi utama masyarakat, Gojek akan menghadirkan layanan terbaru bernama GoCorp. Melalui GoCorp, Gojek menghadirkan layanan untuk mendukung perjalanan bisnis yang aman, nyaman, mudah digunakan, dengan biaya yang rasional bagi para pelaku korporasi.

Kemudian, pertegas komitmen ramah lingkungan melalui GoGreener. Beberapa inisiatif yang telah dijalankan di 2020 dan akan diperluas di 2021 di antaranya uji coba kendaraan listrik, carbon offset, serta uji emisi kendaraan bermotor.

Baca juga: Harga Rumah Bersubsidi Tidak Naik, Begini Respons Pengembang

Gojek juga menghadirkan fitur GoTransit yang lebih canggih untuk perjalanan lebih efisien. GoTransit merupakan solusi untuk merencanakan perjalanan hingga mengambil keputusan secara sistematis mengenai moda transportasi yang akan dipilih pelanggan langsung dalam aplikasi Gojek.

GoTransit dapat memberikan layanan dan perencanaan perjalanan yang lebih efisien karena memungkinkan pengguna untuk memantau perjalanan melalui rekomendasi rute terintegrasi, membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memilih rute perjalanan paling efisien, memberikan estimasi waktu total perjalanan, serta jadwal operasional transportasi publik.

Selain itu Gojek juga memperkuat Inovasi Jaga Kebersihan, Kesehatan, dan Keamanan (J3K) termasuk memperkokoh Zona NyAman J3K sebagai standar baru titik penjemputan transportasi online.

“Ragam fitur dan inovasi terbaru lainnya kami akan terus menghadirkan ragam fitur dan inovasi yang bertujuan untuk mendukung masyarakat yang terpaksa bepergian agar dapat lebih cepat, aman, dan nyaman. Beberapa di antaranya adalah fitur pembayaran parkir dan tol tanpa cash, fitur untuk menjadwalkan pesanan GoRide dan GoCar, fitur untuk melakukan perubahan titik jemput, fitur untuk menyimpan alamat, serta fitur layanan transportasi yang lebih personal dan disesuaikan dengan kebiasaan tiap pengguna,” ucapnya.

Sekretaris Jenderal Masyarakat Transportasi Indonesia, Harya S. Dillon turut mengapresiasi keseriusan Gojek dalam beradaptasi selama pandemi sejak 2020, yang akan terus diperkuat di 2021. Ia mengatakan, Gojek telah berhasil hadir sebagai pilihan utama moda transportasi selama masa pandemi dan adaptasi kebiasaan baru.

Inisiatif J3K Gojek mampu memenuhi kebutuhan masyarakat agar tetap aman dan nyaman saat bepergian. Selain itu, GoTransit juga diharapkan mampu menjawab tantangan terkait simpul-simpul transportasi publik yang seringkali sulit untuk dijangkau masyarakat, juga menjadi alternatif moda transportasi yang mengutamakan faktor keamanan, kesehatan, dan kenyamanan selama pandemi.

"Saya berharap inovasi-inovasi seperti yang Gojek lakukan ini juga bisa diterapkan oleh pelaku industri transportasi lainnya," katanya.

Untuk melengkapi komitmen Gojek dalam meluncurkan ragam inovasi di 2021, pihaknya pun siap untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak pemangku kepentingan serta mengikuti ragam kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah selama bertujuan untuk kebaikan bersama.

"Harapan kami, inovasi dan inisiatif yang secara konsisten dihadirkan oleh Gojek dapat menciptakan layanan transportasi online yang lebih tangguh dan terus menjadi andalan masyarakat di tahun 2021,” ucap Dito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masa Jabatan Lurah Diperpanjang, Apdesi Bantul: Harus Dioptimalkan Untuk Peningkatan Kinerja Lurah

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement