Harga Rawan Melambung, 4 Komoditas Ini Jadi Sorotan di Jogja Jelang Ramadan

Harga Rawan Melambung, 4 Komoditas Ini Jadi Sorotan di Jogja Jelang RamadanHarga cabai di Pasar Wates, Kecamatan Wates mengalami penurunan harga, Kamis (17/1). Penurunan harga paling terasa pada komoditas cabai merah keriting yang kini harganya Rp8.000 per kilogram. - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
06 April 2021 15:37 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY memberi perhatian khusus pada empat komoditas jelang Ramadhan.

Kepala Disperindag DIY, Aris Riyanta mengatakan setidaknya untuk saat ini ada perhatian khusus pada empat komoditas, diantaranya daging ayam, telur ayam, cabai rawit merah dan bawang merah. Untuk daging ayam, dan telur ayam dinilai kerap ada kenaikan setiap awal bulan, karena permintaan untuk Program Keluarga Harapan (PKH).

Untuk cabai rawit merah memang sempat melambung tinggi namun telah berangsur turun, begitupun bawang merah sudah akan memasuki panen. Aris mendorong agar gerakan tanam cabai di setiap rumah dapat berjalan, agar dapat membantu menyeimbangkan antara permintaan dan ketersediaan yang ada.

BACA JUGA: Sultan Bolehkan Salat Tarawih Berjemaah di Masjid, Asal....

Meski ada komoditas yang diwaspadai atau menjadi perhatian khusus, namun hingga saat ini harga dan ketersediaan masih bisa terjaga. “Sampai saat ini ketersediaan masih cukup, dan tingkat harga masih terjangkau masyarakat, distribusi juga lancar. Kebijakan pelarangan mudik berpengaruh juga sebenarnya, mengurangi permintaan nanti,” ujar Aris seusai Rapat Koordinasi HBKN Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, di KJ Hotel, Selasa (6/4/2021).

Aris menyampaikan Kabupaten Sleman untuk ketersediaan bahan kebutuhan pokok juga menyediakan cadangan, mengantisipasi adanya bencana erupsi Merapi.