Wajib Tahu! Ini Perbedaan ATM Link, ATM Bersama, dan ATM Prima

Wajib Tahu! Ini Perbedaan ATM Link, ATM Bersama, dan ATM PrimaNasabah bertransaksi di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Minggu (12/5/2021). - JIBI/Bisnis Indonesia/Felix Jody Kinarwan
22 Mei 2021 20:57 WIB Mia Chitra Dinisari Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Logo bertuliskan ATM Link, ATM Bersama, dan ATM Prima terpasang di beberapa mesin ATM.

Ini penjelasan dari perbedaan ketiga jenis ATM tersebut berdasarkan penelusuran Bisnis.

1. ATM Link

ATM Link adalah semua ATM milik 4 (empat) Bank Negara yang tergabung ke dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN yang telah berlogo ATM Link. Saat ini sudah terdapat 53.000 ATM Link yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Fitur yang dimiliki ATM Link :

a. Cash Withdrawal / Penarikan Tunai
b. Balance Inquiry / Cek Saldo
c. Transfer Antar Bank
d. Pembayaran Tagihan
e. Pembelian Pulsa
f. Isi ulang / top up uang electronic Himbara (e-Money, Brizzi, Tapcash dan Blink)
g. Khusus untuk isi ulang uang electronic, untuk saat ini masih dilakukan di ATM Bank Himbara penerbit, yaitu :Kartu e-Money ke ATM Link dengan logo Bank Mandiri atau Bank BTN, Kartu Brizzi ke ATM Link dengan logo Bank BRI, Kartu Tapcash ke ATM Link dengan logo Bank BNI, dan Kartu Blink ke ATM Link dengan logo Bank BTN atau logo Bank Mandiri

2. ATM Bersama

TM Bersama merupakan jaringan Switching terbesar di Indonesia, yang telah terhubung dengan 90 institusi, baik Bank maupun lembaga non-Bank. Dengan banyaknya anggota Bank ATM Bersama, tentunya memudahkan nasabah Bank untuk dapat bertransaksi pada semua delivery channel milik Bank yang berlogokan ATM Bersama di seluruh Indonesia.

ATM Bersama juga merupakan jaringan switching pertama di Indonesia yang dapat melakukan transaksi transfer antar Bank secara real-time online. ATM Bersama juga terhubung dengan prinsipal luar negeri lainnya dalam layanan Bersama Global seperti Paynet dari Malaysia, JCB dari Jepang, dan Al-Rajhi dari Arab Saudi, sehingga nasabah Bank anggota ATM Bersama dapat melakukan transaksi Tarik Tunai di Malaysia dan Arab Saudi.

Fitur di ATM Bersama

a. PENARIKAN UANG TUNAI
Nasabah Bank pemilik kartu ATM berlogo ATM Bersama dapat mengambil uang di terminal ATM berlogo ATM Bersama dengan batas penarikan per hari sesuai yang telah ditentukan oleh Bank Penerbit Kartu

b. INFORMASI SALDO
Nasabah Bank anggota jaringan ATM Bersama dapat melihat saldo rekeningnya

c. TRANSFER INTER BANK DAN INTERKONEKSI
ATM Bersama sudah terhubung melalui Interkoneksi jaringan seluruh prinisipal di Indonesia, sehingga nasabah dapat melakukan pengiriman uang ke semua rekening Bank lain di seluruh Indonesia.

d. TRANSFER THREE-PARTIED
Nasabah Bank anggota ATM Bersama dapat melakukan pengiriman uang menggunakan kartu ATM Bank A di terminal ATM Bank B ke rekening Bank C selama Bank tersebut tergabung dalam jaringan ATM Bersama.

3. ATM Prima

ATM PRIMA merupakan salah satu produk dari Jaringan PRIMA yang menghubungkan transaksi finansial antar bank pada semua jaringan ATM di seluruh Indonesia.

Saat ini, ATM prima sudah memiliki 78 mitra jaringan.

KEUNGGULAN

a. Transaksi diproses secara real time online
b. Jaringan ATM terbesar di Indonesia
c. Terhubung dengan lebih dari 80 Bank di Indonesia
d. Sistem keamanan jaringan ATM yang terjamin
e. Online settlement, dengan fitur ini maka proses settlement antar bank dapat diselesaikan dalam 1 hari kerja
f. Mempermudah dan memperluas jaringan transaksi Tarik Tunai, Cek Saldo dan Transfer Dana antar bank
g. Memiliki lebih dari 120.000.000 kartu ATM/Debit dan lebih dari 120.000 jaringan ATM yang terkoneksi dengan Internet Banking, Mobile Banking dan channel digital lainnya di seluruh Indonesia

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia