Advertisement

Simak! 9 Hal yang Harus Anda Perhatikan untuk Memulai Bisnis Food Truck

Jessica Gabriela Soehandoko
Rabu, 06 Oktober 2021 - 07:47 WIB
Sunartono
Simak! 9 Hal yang Harus Anda Perhatikan untuk Memulai Bisnis Food Truck Food Truck - halocapitalgroup.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Food truck mungkin dianggap lebih mudah dan lebih terjangkau dalam beroperasi dibandingkan restoran. Namun, Anda perlu membutuhkan waktu dan upaya untuk memperoleh kesuksesan.

Terdapat beberapa strategi yang membantu Anda untuk lebih menonjol dibandingkan truk makanan lain, mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang setia dan memaksimalkan keuntungan Anda.

Advertisement

Untuk lebih lengkapnya, berikut 9 kiat terbaik mengenai cara memulai dan mengembangkan bisnis yang sukses dalam industri ini, yang dilansir dari forafinancial.

1.Lakukan riset pasar yang luas

Sebelum Anda membeli truk makanan, luangkan waktu untuk melakukan riset pasar secara menyeluruh. Hal ini meliputi tren makanan yang sedang berkembang, area tertentu yang membutuhkan truk makanan, dan truk makanan jenis tertentu.

2. Pilih truk makanan Anda dengan bijak

Untuk jenis truk makanan yang bisa Anda jalankan, pilihannya tidak terbatas. Anda dapat memilih pizza, barbeque, taco dan lain-lainnya. Namun untuk menentukan jenis truk makanan yang sempurna, Anda perlu memerlukan riset pasar yang dapat menuntun Anda memilih truk makanan yang tepat.

3. Buatlah daftar kebutuhan

Anda akan memerlukan berbagai persediaan untuk membuka dan menjalankan bisnis makanan Anda. Daripada hanya membeli barang setiap kali Anda melihatnya, buatlah daftar apa yang Anda butuhkan. Hal ini meliputi sarung tangan sekali pakai, aluminium foil, perkakas, alat bersih-bersih, dan lainnya.

4. Lindungi aset Anda

Anda bisa memulai bisnis truk makanan Anda sebagai kepemilikan tunggal dan mengembangkannya. Namun akan lebih baik jika Anda mendaftarkan bisnis Anda dan mendapatkan Nomor Identifikasi Pemberi Kerja (EIN).

5. Tetapkan anggaran dan kejar pembiayaan

Anggaran yang solid adalah bagian penting dari rencana bisnis truk makanan. Untuk membuatnya, tuliskan jumlah uang yang ingin Anda keluarkan untuk setiap komponen bisnis Anda seperti peralatan dapur, staf, perawatan kendaraan dan pemasaran.

6. Lakukan taktik pemasaran kreatif

Pemasaran adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis, jadi Anda harus membuat strategi pemasaran yang melibatkan banyak strategi. Anda dapat menerapkan pemasaran digital seperti iklan Facebook dan Search Engine Optimization (SEO), email, brosur, dan lain-lainnya.

7. Parkirkan truk Anda di lokasi yang ramai

Pikirkan di mana pelanggan ideal Anda paling sering berkumpul. Kemudian, dapatkan izin untuk memarkir truk Anda di sana dan lihat seberapa besar traksi yang Anda dapatkan. Biasanya, truk makanan tampil optimal di festival, kawasan bisnis, dan taman truk makanan.

8. Pantau ulasan truk makanan Anda

Tanggapi berbagai ulasan, yakni ulasan baik atau buruk. Dengan ini, maka para calon pelanggan akan mengetahui bahwa Anda cukup menghargai pelanggan Anda. Untuk meningkatkan ulasan, Anda juga dapat memberikan diskon.

9. Manfaatkan media sosial

Anda dapat membuat halaman Facebook, Twitter, dan Instagram yang menarik dan perbarui sesering mungkin. Bagikan item menu andalan Anda, lokasi truk Anda, penawaran dan hadiah. Buatlah orang-orang tertarik dengan truk makanan Anda, sehingga mereka dapat menjadi pengikut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement