Advertisement

Menko Airlangga Hartarto Ingatkan Anak Muda untuk Buka Usaha

Dany Saputra
Senin, 15 November 2021 - 07:27 WIB
Sunartono
Menko Airlangga Hartarto Ingatkan Anak Muda untuk Buka Usaha Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan generasi muda dapat membuka banyak peluang usaha melalui adopsi platform digital dalam perekonomian.

Airlangga yang juga ketua umum Partai Golkar itu menyebutkan saat ini mayoritas penduduk Indonesia adalah Generasi Z. Kelompok ini adalah mereka  yang berusia 8 sampai dengan 23 tahun. Statistik menunjukkan total jumlah kelompok ini setara dengan 27,94 persen dari populasi penduduk. Mereka juga memiliki tingkat adopsi digital dan pemahaman di bidang keuangan yang tinggi.

Advertisement

"Karakteristik anak muda yang kreatif, adaptif, dan inovatif harus terus dikembangkan agar dapat berdaya saing memasuki revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital," ujar Airlangga pada acara "The Bridge Conference 2021", Sabtu (13/11/2021).

Airlangga menyebutkan peluang dari perkembangan teknologi digital ini adalah dibutuhkannya 9 juta orang yang bertalenta untuk 15 tahun ke depan.

Selain itu, pekerja dengan keterampilan digital berpotensi memberikan kontribusi senilai Rp4,434 triliun untuk PDB Indonesia di 2030, atau sebesar 16 persen dari keseluruhan PDB. 

Sosok yang dijagokan sebagai calon presiden oleh Partai Golkar itu menilai pada 2030, Indonesia diproyeksikan akan memasuki bonus demografi. Saat itu jumlah angkatan kerja produktif mencapai 64 persen dari total penduduk.

"Pemerintah berharap agar peluang ini dapat dimanfaatkan anak-anak muda untuk mengoptimalkan kreativitas, inovasi, dan menjadi inspirasi serta menggali potensi diri untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan," ucap Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement