Advertisement

Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok di Jogja Melonjak

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 29 Desember 2021 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok di Jogja Melonjak Pedagang sembako di Pasar Argosari, Wonosari, menunggui dagangannya, Kamis (20/2/2020). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah komoditas kebutuhan pokok mengalami lonjakan harga, dalam beberapa waktu terakhir. Kondisi cuaca hingga permintaan pasar yang meningkat dinilai menjadi penyebab kenaikan harga tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yanto Aprianto mengatakan beberapa komoditas yang mengalami kenaikan yaitu Cabai Rawit Hijau, pada Rabu (29/12/2021) menyentuh harga Rp55.167/kg, kemudian Telur Ayam Broiler di harga Rp26.667/kg. Selain itu juga, Daging Ayam Broiler di harga Rp35.500/kg, dan Minyak Goreng dikisaran Rp18.000/liter.

Advertisement

“Untuk cabai rawit mengalami kenaikan disebabkan karena kondisi cuaca penghujan, permintaan pasar mulai naik seiring naiknya okupasi hotel dan restoran. Sementara itu untuk telur dan daging ayam ras permintaan pasar dan turunnya bantuan Bantuan Pangan Non Tunai [BPNT] yang sekaligus diterimakan,” ujar Yanto.

BACA JUGA: Bisa Merusak Fungsi Otak, Jangan Beri Minuman Ini ke Anak Anda

Sementara itu, Minyak goreng disebabkan naik harga Crude Palm Oil (CPO) di pasaran dunia sehingga berimbas ke produk minyak goreng. Disperindag DIY dengan Dinas Kabupaten/ Kota yang membidangi perdagangan telah melaksanakan operasi pasar minyak goreng sebanyak 2,4 ton liter seharga 14.000/ liter.

Yanto mengatakan untuk Telur dan Daging Ayam Broiler mulai ada kenaikan pada minggu ketiga Desember, untuk cabai di minggu pertama di Desember. “Untuk telur ayam nanti mungkin akan terkoreksi di awal minggu Januari ,sedangkan minyak goreng kita sudah melaksanakan operasi pasar itu,” ujarnya.

Diprediksi sebagian komoditas akan mengalami penurunan harga. Namun, untuk minyak goreng kenaikan diperkirakan sampai semester pertama 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Duh, Desentralisasi Sampah DIY Mundur Lagi Menjadi Mei 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement